Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menyembuhkan Trauma Kecelakaan

Kompas.com - 07/04/2023, 14:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Trauma akibat kecelakaan membuat seseorang mengalami depresi. Bayangan mengerikan dari kejadian yang dialami, sulit disembuhkan, dan butuh waktu lama untuk pulih. Selain, penyembuhan luka, korban kecelakaan perlu memulihkan kondisi psikologis. 

Korban kecelakaan biasanya akan mengalami kecemasan, berhalusinasi, dan gangguan mental yang menggangu. Aktivitas sehari-hari akhirnya terganggu dan dapat mengalami stress. 

"Setelah kecelakaan, korban butuh trauma healing. Proses memulihkan kondisi psikologis akibat trauma. Korban harus bangkit, tidak menyalahkan diri sendiri dan orang lain terus-menerus. Ada korban 1-2 minggu pulih, dan sampai berbulan-bulan," kata Psikolog RS UNS Rahmah Saniatuzzulfa, kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Baca juga: Kasus Kecelakaan Maut Mobil Bupati Kuningan, Bagaimana Siasati Sopir yang Mengantuk?

Menurut dia, fase penyembuhan trauma itu dikelompokkan menjadi dua, yaitu untuk menghapus ingatan terhadap kejadian dan terapi yang memaparkan kejadian.

Anggota Satlantas Polres Semarang melihat kondisi korban kecelakaan di Perempatan AssalamahKOMPAS.com/Ist Anggota Satlantas Polres Semarang melihat kondisi korban kecelakaan di Perempatan Assalamah

Korban kecelakaan, perlu didampingi orang-orang terdekat selama masa pemulihan. Saat itu, korban menjalani karantina untuk mampu menghapus ingatan terhadap peristiwa kecelakaan yang terjadi. 

Trauma kecelakaan itu akan sembuh jika di dalam dirinya ada semangat untuk pulih, yang ditunjukkan perubahan perilaku.

"Terapisnya dari anggota keluarga sendiri. Korban harus dijauhkan dari pikiran-pikiran negatif, ketakutan dan putus asa. Perilakunya sehari-hari dipantau, jangan dibiarkan jika dia melamun sendiri. Bisa diajak curhat, dihibur biar tertawa lepas, untuk menutupinya perasaan traumatis," ucap Zulfa. 

Aktivitas sehari-hari yang dapat mempercepat waktu pemulihan contohnya, menonton film, dan mendengarkan musik.

Ilustrasi mendengarkan musik bikin hidup lebih baikUnsplash Ilustrasi mendengarkan musik bikin hidup lebih baik

"Biarkan ingatan memori kelam kejadian itu hilang sendiri. Aktivitas sehari-hari, sementara dijauhkan dari kendaraan. Baik sebagai pengemudi atau penumpang. Itu bisa mengembalikan ingatan korban," katanya. 

Founder & Training Director Jakarta Defensive (JDDC) Driving and Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, seseorang yang pernah mengalami trauma karena kecelakaan tidak disarankan untuk berkendara atau mengemudi sampai kondisi psikologis pulih kembali. 

Baca juga: Cara Aman Melepas Helm Korban Kecelakaan Lalu Lintas

"Takut untuk memulai dari nol lagi itu lebih berbahaya. Mental si korban laka itu biasanya depresi selama waktu tertentu. Kalau dia tertekan kondisinya tambah drop, jangan sampai. Saat bepergian seperlunya, dan biarkan adaptasi dengan kendaraan," kata Jusri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com