Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak WNA Rusia Beli Toyota Agya di Bali Bayar Tunai

Kompas.com - 06/04/2023, 03:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com – Toyota Agya diklaim jadi salah satu model yang cukup digemari di Pulau Bali. Selain karena harganya yang terjangkau, dimensi mobil ini cocok buat wilayah perkotaan yang sempit dan berliku, seperti halnya di daerah Kuta maupun Ubud.

Agya bisa dengan mudah masuk gang-gang sempit, atau bermanuver di jalan yang ramai oleh wisatawan.

Selain itu, masih ada fakta menarik bahwa konsumen Agya ternyata juga didominasi para ekspatriat atau warga negara asing (WNA) yang bekerja di Bali.

Baca juga: Viral, Video Warga Cekcok akibat Parkir Mobil Sembarangan

Akses pintu utama jalan masuk ke kawasan pantai Kuta Kabupaten Badung.KOMPAS.com/Ach. Fawaidi Akses pintu utama jalan masuk ke kawasan pantai Kuta Kabupaten Badung.

“Kalau di Bali yang laku warna merah, kuning. Karena yang beli WNA, sukanya warna yang gitu-gitu. Mereka pakai nama perusahaan biasanya,” ujar Branch Manager Agung Toyota Bali Andrei Gramico Hamonangan, Rabu (5/4/2023).

Andrei juga mengatakan, dirinya tidak tahu persis apa pekerjaan WNA yang banyak membeli Agya. Namun, kebanyakan dari mereka memang cukup loyal membelanjakan uangnya.

“Sebenarnya WNA Rusia itu membantu kita, karena dia paling banyak. Menurut saya kebanyakan bisnisnya online. Kalau dilihat di sini kan banyak working space, mereka cuma duduk doang, pegang laptop bisa setengah hari,” ucap Andrei.

Baca juga: PO Gunung Harta Luncurkan 5 Unit Bus Double Decker Mewah

“Saya enggak tahu (pekerjaannya), tapi kalau bicara sisi lainnya dia sangat membantu perekonomian. WNA Rusia gila, dia bawa duit, cash (beli Agya). Mayoritas tunai, kalau enggak credit card,” kata dia.

Untuk diketahui, Toyota Agya GR Sport yang baru saja dikenalkan pada Maret 2023 silam jadi model tertinggi, dengan banderol Rp 237.500.000 (1.2 GR Sport M/T) dan Rp 253.500.000 (1.2 GR Sport CVT).

Menurut Andrei, model ini juga mendapatkan respons positif di Bali. Ia menilai, ada alasan mengapa model GR Sport mendapatkan respons yang sangat baik.

Baca juga: Ciri-ciri Penipuan Jual Beli Mobil Bekas, Pelaku Pasti Pakai Kalimat Ini

Branch Manager Agung Toyota Andrei Gramico Hamonangan saat ditemui wartawan nasional di Bali, Rabu (5/4/2023).KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Branch Manager Agung Toyota Andrei Gramico Hamonangan saat ditemui wartawan nasional di Bali, Rabu (5/4/2023).

”Setelah pandemi Covid-19, kita punya guyonan setelah biasa melihat rumah dan keluarga, yang ingin dimanjakan adalah mata. Nah, model GR Sport itu sangat memanjakan mata,” ujar Andrei.

“All New Agya sudah laku 14 unit kalau di cabang saya, tipe G 5 unit, sisanya GR Sport. Bulan ini paling masuk 5 unit, sisanya bulan depan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com