Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Mudik, Bridgestone Ingatkan Pentingnya Pengecekan Ban sejak Dini

Kompas.com - 29/03/2023, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim mudik Lebaran 2023 tinggal hitungan hari. Berdasarkan data PT Jasa Marga (Persero) Tbk, jumlah kendaraan melalui empat Gerbang Tol utama akan lebih tinggi dibanding tahun lalu.

Diprediksi jumlah kendaraan yang keluar Jabodetabek pada arus mudik tahun ini mencapai 2,2 juta, naik 2,8 persen dari tahun lalu. Sedangkan saat arus balik sebanyak 2,3 juta atau naik 1,4 persen.

Berdasarkan prediksi tersebut, President Director Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno, mengingatkan untuk memperhatikan kondisi kendaraan, khususnya pengguna mobil, dengan melakukan persiapan sejak dini.

"Keselamatan pengendara dan penumpang menjadi prioritas dan kunci perjalanan mudik. Untuk itu, kami senantiasa mengingatkan para pelanggan kami untuk melakukan persiapan jelang mudik dengan seksama melalui tips-tips praktis keselamatan berkendara," kata Mukiat, dalam keterangan resminya, Rabu (29/3/2023).

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Dampak Ban Mobil yang Kelebihan dan Kekurangan Udara

Terkait soal kesiapan kendaraan, ada beberapa komponen yang perlu diperiksa kondisinya sejak jauh-jauh hari, seperti ban, aki, minyak rem, oli, sampai cairan pembersih kaca.

Pengecekan permukaan ban mobil sebelum mudik LebaranBridgestone Pengecekan permukaan ban mobil sebelum mudik Lebaran

Khusus untuk ban, pemilik mobil harus memastikan dalam kondisi yang prima karena punya peranan yang cukup penting selama perjalanan mudik, baik dari sisi kenyamanan dan keselamatan

Fisa Rizqiano, Deputy Head Of OE Sales PT Bridgestone Tire Indonesia mengatakan, ada empat fungsi pentin ban mobil yang harus diperhatikan, yakni menopang beban kendara, menyerap guncangan jalan, meneruskan traksi dan gaya pengereman, serta merubah dan mengarahkan laju kendaraan.

"Ban memiliki tread wear indicator (TWI) yang merupakan tanda keausan sebuah ban. Jadi sebaiknya cek ketebalan tapak ban, cek enam posisi di shoulder, dan wear bar, atau bentuk segitiga di sisi ban, juga bilah-bilah pada tapak ban," ujar Fisa.

Lebih lanjut Fisa menjelaskan, bentuk segitiga kecil di bagian sisi berfungsi untuk menunjukkan bahwa jika bagian tersebut sudah rata dengan dinding ban, maka ban sudah mencapai masa keausannya.

Baca juga: Pilihan MPV Murah di Bawah Rp 250 Juta untuk Mudik Lebaran

Beberapa tipe ban merek Bridgestone.Kompas.com/Alsadad Rudi Beberapa tipe ban merek Bridgestone.

Sementara untuk wear bar bilah-bilah pada tapak, ban sudah harus diganti jika bagian tersebut sudah tidak lagi sejajar antara satu dengan lainnya.

Bagi pemudik yang ingin memastikan mobilnya dalam kondisi prima, bisa mengunjungi TOMO Bridgestone atau Bridgestone One Stop Service (BOSS) terdekat. Guna menghemat waktu dan menghindai atrean, bisa melakukan booking service pada jaringan resmi Bridgeston melalui TOMOnet.co.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com