Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mobil Listrik Januari 2023, Ioniq 5 Terlaris Geser Air ev

Kompas.com - 01/03/2023, 08:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja penjualan mobil listrik berbasis baterai alias battery electric vehicle (BEV) di dalam negeri masih menunjukkan tren positif pada awal 2023 ini. Menunjukkan, tren elektrifikasi cukup masif di Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total mobil listrik murni yang didistribusikan dari pabrik ke diler alias wholesales sepanjang periode Januari 2023 mencapai 298 unit.

Angka tersebut, jauh melebihi periode sama tahun sebelumnya yang hanya berhenti di angka 36 unit saja. Kala itu, pemainnya hanya ada dua, yakni Hyundai dengan produk Ioniq dan Kona, serta Nissan melalui Leaf.

Baca juga: 10 Mobil Terlaris Januari 2023, Brio Kokoh di Puncak

Wuling Air ev dukung mobilitas delegasi selama KTT G20, di Nusa Dua, Bali.Dok. Wuling Wuling Air ev dukung mobilitas delegasi selama KTT G20, di Nusa Dua, Bali.

Namun kini, sejak kuartal III/2022 produk kendaraan listrik sudah mulai banyak pilihan seperti Hyundai Ioniq 5, Wuling Air EV, Leaf, DFSK Gelora EV, sampai yang premium yaitu BMW iX, Mini Electric, Toyota bZ4X, dan Lexus UX300e.

Tapi sayang pada awal tahun kontribusi BEV hanya disumbang dari lima produk saja, yang secara berurutan menempati posisi puncak yakni Ioniq 5, Air EV, UX300e, bZ4X, dan Leaf.

Lebih rinci, Ioniq 5 yang mampu meningkatkan penjualan hingga 234 unit mengalahkan Air EV sebagai mobil listrik mungil berharga terjangkau (Rp 300 jutaan). Padahal pada tahun lalu, perbedaan volume penjualan antara kedua produk begitu jauh.

Untuk diketahui, pada akhir tahun lalu Air EV mampu membukukan penjualan 8.053 unit sementara Ioniq 5 di 1.829 unit. Kini, wholesales mobil listrik dari Wuling itu tercatat 35 unit saja.

Baca juga: Cerita Hengkang dan Kembalinya Chery ke Indonesia

Toyota bZ4xKompas.com/Nanda Toyota bZ4x

Adapun pada posisi ketiga mobil listrik terlaris, ditempati UX300e dengan 18 unit dan diikuti bZ4X dengan 7 unit. Posisi terakhir ada Leaf dengan penjualan 4 unit.

Berikut daftar BEV terlaris di Indonesia per-Januari 2023 (wholesales):

1. Hyundai Ioniq 5: 234 unit
2. Wuling Air EV: 35 unit
3. Lexus UX300e: 18 unit
4. Toyota bZ4X: 7 unit
5. Nissan Leaf: 4 unit

Sementara daftar penjualan BEV di Indonesia Januari 2022 lalu (wholesales) ialah sebagai berikut:

1. Kona EV: 18 unit
2. Hyundai Ioniq: 17 unit
3. Nissan Leaf: 1 unit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com