Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Masih Melempem Gelar, Hubungan Repsol-Honda Bakal Renggang

Kompas.com - 01/03/2023, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Ricard Jove, komentator MotoGP untuk media Spanyol, percaya bahwa jika musim depan Honda belum bangkit dari keterpurukan maka dapat berimplikasi pada hubungannya dengan Repsol.

Repsol merupakan sponsor terlama Honda yang telah mendukung tim pabrikan Honda sejak 1995. Bersama Repsol, Honda telah memenangkan 15 gelar juara dunia termasuk gelar keenam Marc Marquez pada 2019.

Baca juga: Bus Listrik Masih Sulit untuk Layanan Antarkota Antarprovinsi

Tapi sejak itu performa Honda merosot jauh seiring dengan cederanya Marquez pada 2020. Sejak 2020 sampai 2022, Honda hanya meraih tiga kemenangan. Bahkan pernah balapan semua pebalapnya tidak ada yang masuk 10 besar

Motor balap RC213V yang dipakai oleh pebalap Repsol Honda Marc Marquez dipajang di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor ini mengusung mesin berkapasitas 1.000 cc dan memiliki konfigurasi V4, 4 katup per silinder DOHC, dan berpendingin cairan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor balap RC213V yang dipakai oleh pebalap Repsol Honda Marc Marquez dipajang di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor ini mengusung mesin berkapasitas 1.000 cc dan memiliki konfigurasi V4, 4 katup per silinder DOHC, dan berpendingin cairan.

Marquez sendiri bersikeras dia akhirnya kembali dalam kondisi fisik terbaiknya setelah melakukan operasi keempat pada pertengahan tahun lalu. Kini semua mata tertuju pada Honda untuk meningkatkan RC213V musim 2023.

“Seperti yang saya lihat, jika Marquez dan (Joan) Mir (atau bahkan Alex Rins) tidak berhasil merebut podium atau kemenangan, semua beban kegagalan akan jatuh pada motornya," kata Jove dilansir dari Crash, Rabu (1/3/2023).

“Jika tidak mendekati level Ducati dan Aprilia, dan memberi pembalap mereka kesempatan setidaknya berada di posisi 5 besar, prospek Marquez akan mengkhawatirkan," kata dia.

Baca juga: Tersembunyi, Begini Cara ETLE Mobile Menindak Pelanggar Lalu Lintas

Pebalap Repsol Honda Joan Mir menunjukkan livery motor untuk musim balap 2023. Foto: Repsol Honda Pebalap Repsol Honda Joan Mir menunjukkan livery motor untuk musim balap 2023.

“Oleh karena itu, Repsol, sponsor MotoGP terbesar dan tertua juga bisa kehilangan kepercayaan pada Honda, mitra veterannya selama bertahun-tahun,” kata Jove.

Jove mengatakan Honda perlu menyusun target realistis pada musim depan, termasuk buat rekan setim baru Marquez yaitu Joan Mir, sang juara dunia musim 2020 bersama Suzuki.

“Jika Marc menang, top 5 dari Mir lebih dari cukup. Jika Marc finis kelima, keenam atau ketujuh dari Mir tidak akan menjadi bencana. Dan tentu saja jika dia berhasil mengungguli (Marquez) itu akan sukses,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com