Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya, Jangan Siram Rem Motor yang Panas Saat Lewati Jalan Ekstrem

Kompas.com - 28/02/2023, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pengereman motor memang kerap panas setelah melewati kondisi jalan yang menurun panjang. Tapi ada salah kaprah kalau rem harus didinginkan dengan cara disiram dengan air.

Misalnya bisa dilihat pada video yang diunggah akun Agoez_bandz4 di Instagram. Terlihat Yamaha NMax berwarna merah disiram rem depan dan belakangnya oleh warga sekitar sebelum melanjutkan perjalanan.

Terlihat asap mengepul ketika air disiram ke rem depan dan belakang yang panas. Tapi, apakah perlakuan tersebut aman dilakukan pada rem motor yang masih panas?

Baca juga: Penyebab Rem Depan Motor Berdecit Saat Digunakan

 

Mamal Syahrudin, Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong mengatakan, tidak ada manfaatnya menyiram rem motor yang panas, malah bisa berbahaya kalau sering dilakukan.

"Efeknya, disc (cakram) bisa melenting atau bengkok. Lalu kampasnya jadi lembek dan retak," kata Mamal kepada Kompas.com, Selasa (28/2/2023).

Kampas yang lembek bisa membuat bagian dari cakram terlepas dari besinya. Jadi tentu saja pengereman jadi tidak maksimal bahkan berisiko blong.

Baca juga: Wuling Segera Luncurkan City Car Listrik Bernama Bingo


"Bisa copot bahan kampasnya karena dalam keadaan panas langsung disiram air. Jadi kalau mendinginkan rem, bukan cara pakai air, tapi pendinginannya lewat udara," ucap Mamal.

Mamal memberi tips, saat melewati turunan agar rem tidak kepanasan, bisa dengan menarik dan lepas tuas rem. Sehingga rem ada waktunya terkena udara agar didinginkan, menjaga agar tidak overheat.

"Kalau rem baiknya buka tutup kalau di turunan. Kalau overheat, daya pengereman bisa hilang atau istilahnya fading," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com