Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selangkah Lagi Jeep Masuk Anggota Gaikindo

Kompas.com - 28/02/2023, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT DAS Indonesia Motor, Agen Pemegang Merek (APM) Jeep di Indonesia, selangkah lebih dekat untuk menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Belum lama ini, PT DAS Indonesia Motor kembali melakukan pertemuan dengan Gaikindo yang dihadiri Sekretaris Jenderal Gaikindo Kukuh Kumara, Sekretaris Sunarno, dan Manajer Administrasi Umum Tety Pratiwi.

Baca juga: Penyebab Rem Depan Motor Berdecit Saat Digunakan

Chief Operating Officer Jeep Indonesia Dhani Yahya mengatakan, pihaknya sudah ingin menjadi anggota Gaikindo tak lama sejak mengambil alih keagenan Jeep di Indonesia namun saat itu sulit karena masih masa pandemi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dhani Yahya (@dhaniyahya)

"Sebelumnya tahun lalu kami berniat menjadi anggota di Gaikindo cuma karena memang pandemi sulit ya. Sehingga pada akhir tahun lalu kami melayangkan surat permohonan pendaftaran sebagai anggota Gaikindo," kata Dhani kepada Kompas.com, Senin (27/2/2023).

"Ini merupakan proses terakhir dari Gaikindo termasuk dari Sekjen datang untuk istilahnya menyamakan persepsi. Jadi mereka memberikan pedoman visi dan misi Gaikindo dalam hal ini untuk meningkatkan industri otomotif secara umum dan kewajiban member Gaikindo," kata dia.

Dhani mengatakan, dalam pertemuan tersebut Jeep Indonesia juga memaparkan apa saja visi dan misi ke depan di Indonesia.

Baca juga: Oyika Tambah Fasilitas SPBKLU Tahun Ini

Jajaran model Jeep dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023Kompas.com/Donny Jajaran model Jeep dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

"Selain verifikasi kita juga pemaparan DAS Indonesia sebagai APM Jeep di Indonesia apa saja yang sudah dikerjakan," kata Dhani.

Untuk diketahui, PT DAS Indonesia Motor resmi ditunjuk sebagai pemegang merek Jeep di Tanah Air pada 1 Juni 2020 menggantikan HASCAR Group yang menjual produk FIAT Chrysler Automobiles (FCA) sejak Desember 2018.

"Jadi tentunya seperti kita ketahui DAS Indonesia mengambil distribusi Jeep di Indonesia tidak mudah," kata Dhani.

Jajaran model Jeep dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023Kompas.com/Donny Jajaran model Jeep dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

"Karena kondisi pandemi pertama dan kedua dalam kondisi kepercayaan dan percaya diri semua stakeholder, mulai dari konsumen, klub, dealer juga dari leasing bisa dibilang posisi negatif terhadap brand itu," kata dia.

Baca juga: Motor Listrik Selis E-Max Banyak Dipesan di IIMS 2023

Dhani mengatakan, keanggotaan Gaikindo merupakan salah satu strategi bisnis untuk mengembalikan nama baik merek asal Amerika Serikat tersebut.

"Saya bilang dalam dua tahun terakhir ini kita sudah bisa mengembalikan kepercayaan tersebut, dan kita langsung membuat langkah strategis lainnya dan Gaikindo ini merupakan langkah strategis itu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com