Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantongi Puluhan Pemesanan, Kapan Konsumen Esemka Terima Unitnya?

Kompas.com - 27/02/2023, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perdana mengikuti ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, PT Solo Manufaktur Kreasi, produsen mobil Esemka, ikut merasakan angin segar selama pameran.

Meski tak menyebutkan jumlah pasti, namun Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya mengklaim, selama gelaran IIMS 2023, Esemka telah menerima puluhan surat pemesanan unit (SPK).

"Selama pameran IIMS ini kami menerima respon positif, ada puluhan unit yang terpesan. Jumlah itu overall dari yang konvensional dan EV juga ya," ucap Eddy saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/2/2023).

Baca juga: Esemka Bima EV Jadi Mobil Listrik Komersial Terbaik di IIMS 2023

Mobil listrik Esemka Bima EV  dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Mobil Esemka Bima EV mulai dipasarkann dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Bima EV dipasarkan sebesar Rp 540 juta untuk model penumpang atau minibus. Sedangkan untuk yang Cargo dijual Rp 530 juta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik Esemka Bima EV dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Mobil Esemka Bima EV mulai dipasarkann dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Bima EV dipasarkan sebesar Rp 540 juta untuk model penumpang atau minibus. Sedangkan untuk yang Cargo dijual Rp 530 juta.

Lebih lanjut Eddy menjelaskan, selain SPK selama pameran berlangsung, ada juga beberapa pemesanan dari konsumen yang statusnya hot prospect.

Tentu hal ini menjadi sinyal baik Esemka sebagai sebuah perusahaan swasta nasional, dan dapat jadi batu lompatan ke depan untuk bermain di segmen kendaraan penumpang.

Apalagi pemesanan unit Esemka Bima 1.3 dan Bima EV ternyata datang dari berbagai kalangan, termasuk konsumen individu.

"Selain IIMS ini, ada juga beberapa konsumen yang on progres (pemesanan). Jumlahnya kurang lebih sama (puluhan). Jadi nanti kami akan segera proses pengiriman untuk yang sudah memesan," kata Eddy.

Baca juga: Berapa Harga Esemka Bima EV Saat Diproduksi Lokal?

Terkait soal kapan konsumen akan mendapatkan unit Esemka, sebelumnya sudah dijelaskan untuk Bima 1.3 konvensional paling lama memakan waktu tiga sampai empat minggu.

Esemka Bima 1.3 pikapKOMPAS.com/ADITYO WISNU Esemka Bima 1.3 pikap

Sementara untuk Bima EV, memang waktu tunggu atau inden sedikit lebih lama. Konsumen harus sabar sekitar tiga sampai empat bulan usai melakukan SPK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com