Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Macet, Arus di Jalan MH Thamrin Mulai Dialihkan Hari Ini

Kompas.com - 12/02/2023, 08:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Arus lalu lintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, bakal ada perubahan mulai hari ini, Minggu (12/2/2023), sampai dengan pertengahan tahun nanti. Perubahan terjadi karena adanya rekayasa lalu lintas yang diterapkan di kawasan tersebut.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) menyusul adanya pekerjaan lanjutan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2 yang dimulai dari 12 Februari-15 Juni 2023.

Syafrin Liputo, Kepala Dishub DKI Jakarta, mengatakan, rekayasa lalin ini akan diterapkan mulai dari Jalan MH Thamrin Bundaran Air Mancur Monas (Patung Kuda) sampai Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Oknum Montir Nakal Ketika Beraksi

Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, dapat kembali dilintasi oleh kendaraan setelah petugas mengumumkan pelaksanaan HBKB telah berakhir, Minggu (22/5/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, dapat kembali dilintasi oleh kendaraan setelah petugas mengumumkan pelaksanaan HBKB telah berakhir, Minggu (22/5/2022).

"Pengalihan lalu lintas ini diterapkan karena akan ada pengerjaan power blender untuk perbaikan stabilitas tanah,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis (11/2/2023).

“Pekerjaan dining pembatas untuk konstruksi dining diafragma sis Barat-pulau Selatan, pekerjaan jet grouting untuk perkuatan tanah, instalasi king post Stasiun sisi Barat, instalasi decking di sisi Timur," kata dia.

Syafrin mengimbau pengguna jalan untuk mengatur ulang waktu perjalanan agar tidak terjebak kemacetan.

Selain itu, pengendara juga bisa menggunakan jalur alternatif sebagai solusi agar perjalanan tidak terganggu.

Baca juga: Bagnaia dan Pol Terlibat Senggolan di Tes Pramusim MotoGP Sepang 2023

Berikut ini rute pengalihan arus lalin yang akan diterapkan:

1. Lalu lintas dari arah Timur Jalan Kebon Sirih yang menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan M.H. Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri berputar di Bundaran Hotel Indonesia.

2. Lalu lintas dari arah Timur Jalan Medan Merdeka Selatan yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan M.H. Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

3. Lalu lintas dari arah Timur Jalan K. H. Wahid Hasyim yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan M.H. Thamrin Tugu Jam dialihkan urus melalui K. H. Wahid Hasyim dan seterusnya.

4. Lalu lintas dari arah Selatan Jalan H. Agus Salim yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan M.H. Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri melalui K. H. Wahid Hasyim dan seterusnya.

5. Rute Angkutan Transjakarta 5M (Terminal Kampung Melayu-Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan M.H Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

6. Rute Angkutan Transjakarta 1R (Terminal Senen-Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan M.H. Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com