Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Sepatu yang Aman buat Riding, Cek Model dan Solnya

Kompas.com - 25/01/2023, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai motor disarankan agar menggunakan sepatu. Hal ini dilakukan demi menjaga kaki agar tidak parah cederanya saat terlibat kecelakaan.

Namun, memilih sepatu untuk riding juga tidak bisa sembarangan, ada model tertentu yang aman untuk berkendara. Tentu saja akhirnya demi kenyamanan pengendara juga untuk model sepatu yang dipilih.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, memberikan tips bagaimana sepatu yang aman untuk riding. Pertama adalah ukurannya harus pas dan nyaman di kaki pengendara.

Baca juga: Kolaborasi Kawasaki-Adidas, Hasilkan Sepatu Ninja

RC Motogarage hadirkan apparel berkendara untuk penggemar motor adventure dan motor customDok. RC Motogarage RC Motogarage hadirkan apparel berkendara untuk penggemar motor adventure dan motor custom

"Kedua, bagian sepatu dapat menutupi mata kaki agar lebih maksimal dalam melindungi kaki saat terjadi kecelakaan," ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (25/1/2023).

Artinya, model sepatu yang disarankan adalah high cut, atau model yang tinggi. Kalau model yang pendek, mata kaki kurang terlindungi, jadi risiko cedera bisa lebih parah.

"Ketiga, usahakan tali sepatunya tidak terlalu panjang, lalu ada hak di bagian telapak untuk menahan di footstep," kata Agus.

Baca juga: Ada Demo Lagi, Arus Lalu Lintas di Sekitar Gedung DPR Dialihkan


Tali sepatu yang terlalu panjang berisiko tersangkut atau terbang ketika kena embusan angin. Sedangkan yang ada hak memang lebih cocok di motor batangan atau bebek, di mana model footstep-nya cukup kecil.

Adapun untuk skutik, model sol rubber atau karet sudah cukup mencengkeram ke dek. Jadi, pengendara tidak kagok karena sepatu tidak licin ketika dipakai.

"Kelima, baiknya bahan yang digunakan waterproof dan fleksibel, jadi tidak terlalu kaku," ucap Agus.

Bahan sepatu yang waterproof tentu membuat pengendara tidak khawatir saat sepatu digunakan hujan-hujanan. Kalau soal fleksibel, tentu akhirnya untuk kenyamanan pengendara itu sendiri, jadi tidak mudah pegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com