Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Parkir, Tuas Mobil Transmisi Matik Seharusnya di Posisi P atau N?

Kompas.com - 14/07/2020, 11:42 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil transmisi otomatis mempunyai perlakuan yang berbeda dibandingkan dengan yang transmisi manual. Mulai saat dikemudikan sampai saat mobil berada di tempat parkir.

Untuk mobil matik memiliki beberapa mode tersendiri yang difungsikan sesuai dengan situasinya. Selama ini tidak sedikit pemilik mobil bertransmisi otomatis memperlakukan mobilnya tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Seperti saat memarkirkan kendaraan tetapi tuas perseneling tetap berada di posisi N (netral) dan bukan pada mode P (parking).

Baca juga: Tidur di Dalam Mobil Sebaiknya Kondisi Mesin Hidup atau Mati?

Sebagai gantinya untuk menahan mobil tidak bergerak saat berada di tempat parkir, pengemudi biasanya menggunakan handbrake.

Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik

Pemilik bengkel spesialis matik Worner Matic Hermas Prabowo mengatakan, saat parkir sebaiknya mode yang digunakan adalah P karena itu lebih aman.

“Kalau parkir sebaiknya posisi transmisi di P, karena kalau di P output shaft yang terhubung dengan as kopel akan terkunci. Sehingga, mobil lebih aman dan tidak glundung,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Posisi di P itu, Hermas menambahkan, tidak hanya saat mobil dalam kondisi terparkir lama tetapi juga saat parkir sebentar.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Bakteri di Kabin Mobil

“Baik lama maupun sebentar, baiknya (transmisi) di P kalau berhenti tujuan parkir. Sedangkan N bukan untuk tujuan parkir tetapi saat berhenti dengan kondisi mesin masih hidup,” ucapnya.

Hermas mencontohkan, saat mobil berhenti di lampu merah atau berhenti dalam waktu sebentar dengan alasan tertentu itu masih diperbolehkan untuk menggeser tuas persneling pada posisi N.

Salah satu yang membuat kesan mewah pada kabin Xpander, ada pada tampilan tuas transmisi dan sekitarnya.MMKSI Salah satu yang membuat kesan mewah pada kabin Xpander, ada pada tampilan tuas transmisi dan sekitarnya.

Terpisah, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi juga mengatakan ha yang sama.

Menurut Didi, jika mobil matik parkir dan mode berada pada posisi di N dan mengandalkan rem tangan bisa saja handbrake kinerjanya terganggu.

Baca juga: Helm Harus Rajin Dicuci untuk Cegah Corona, Begini Caranya

"Saat parkir mobil matik perlu memposisikan transmisi di P. Gunanya untuk mendukung rem tangan yang kinerjanya bisa saja terganggu. Transmisi di posisi P ini sama seperti memasukkan gigi pada mobil bertransmisi manual," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com