Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Macam Servis Makan yang Ditawarkan PO Bus AKAP

Kompas.com - 20/01/2023, 07:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) hingga saat ini masih menjadi salah satu transportasi darat yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Saat ini berbagai perusahaan otobus (PO) kian meningkatkan pelayanan bus AKAP untuk menarik minat penumpang.

Salah satu bentuk servis yang kerap ditawarkan oleh bus AKAP kepada penumpang, yakni diberikan makanan gratis. 

Di sela-sela perjalanan, bus akan singgah ke suatu tempat agar penumpang bisa makan. Biasanya, makanan tersebut hadir dalam konsep prasmanan, konter makanan, atau restoran.

Baca juga: Strategi Wuling Saat Insentif Kendaraan Listrik Berlaku

Namun, ada pula beberapa PO yang tidak menyertakan layanan makan gratis. Kendati demikian, bus tetap akan berhenti pada suatu area di mana penumpang bisa membeli makanan sendiri.

Pemilik PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali mengatakan jika untuk layanan makan dari setiap PO akan berbeda satu sama lain. Jika di PO Sumber Alam, penumpang akan diajak bersantap ke rumah makan langganan.


“Untuk jam makannya tergantung sesampainya di rumah makan langganan. Tapi biasa kami atur supaya bisa sampai sekitar jam 20.00 malam jika perjalanannya lancar,” kata Anthony kepada Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Sementara itu, jatah makan itu berlaku untuk 1 kali jatah makan dari 1 tiket. Namun apabila rutenya jauh, biasanya ada beberapa kali tambahan jatah makanan gratis. Misalnya seperti rute Jakarta – Malang atau rute Jakarta – Surabaya.

Bus AKAP baru PO Rosalia IndahDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Rosalia Indah

Kemudian, Adimas Rosdian, Direktur PT Rosalia Indah Transport juga mengatakan pemberian layanan makanan gratis bagi penumpang turut dilakukan oleh PO Rosalia Indah.

“Semua penumpang PO Rosalia Indah mendapatkan layanan makan, namun berbeda-beda dengan jenis kelas nya,” kata Dimas kepada Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Biasanya, di tempat pemberhentian istirahat, penumpang akan diberikan waktu untuk bersantap di rumah makan kurang lebih selama 30 menit. Untuk menu makanan di setiap kelas bus akan berbeda. Kemudian akan diberikan juga paket camilan sebanyak satu kali.

Sama seperti PO Sumber Alam, PO Rosalia Indah akan memberikan jatah makanan gratis satu kali untuk rute yang dekat. Sementara itu, untuk penumpang bus rute yang jauh akan mendapatkan dua kali layanan makan gratis. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com