Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Macam Servis Makan yang Ditawarkan PO Bus AKAP

Kompas.com - 20/01/2023, 07:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) hingga saat ini masih menjadi salah satu transportasi darat yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Saat ini berbagai perusahaan otobus (PO) kian meningkatkan pelayanan bus AKAP untuk menarik minat penumpang.

Salah satu bentuk servis yang kerap ditawarkan oleh bus AKAP kepada penumpang, yakni diberikan makanan gratis. 

Di sela-sela perjalanan, bus akan singgah ke suatu tempat agar penumpang bisa makan. Biasanya, makanan tersebut hadir dalam konsep prasmanan, konter makanan, atau restoran.

Baca juga: Strategi Wuling Saat Insentif Kendaraan Listrik Berlaku

Namun, ada pula beberapa PO yang tidak menyertakan layanan makan gratis. Kendati demikian, bus tetap akan berhenti pada suatu area di mana penumpang bisa membeli makanan sendiri.

Pemilik PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali mengatakan jika untuk layanan makan dari setiap PO akan berbeda satu sama lain. Jika di PO Sumber Alam, penumpang akan diajak bersantap ke rumah makan langganan.


“Untuk jam makannya tergantung sesampainya di rumah makan langganan. Tapi biasa kami atur supaya bisa sampai sekitar jam 20.00 malam jika perjalanannya lancar,” kata Anthony kepada Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Sementara itu, jatah makan itu berlaku untuk 1 kali jatah makan dari 1 tiket. Namun apabila rutenya jauh, biasanya ada beberapa kali tambahan jatah makanan gratis. Misalnya seperti rute Jakarta – Malang atau rute Jakarta – Surabaya.

Bus AKAP baru PO Rosalia IndahDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Rosalia Indah

Kemudian, Adimas Rosdian, Direktur PT Rosalia Indah Transport juga mengatakan pemberian layanan makanan gratis bagi penumpang turut dilakukan oleh PO Rosalia Indah.

“Semua penumpang PO Rosalia Indah mendapatkan layanan makan, namun berbeda-beda dengan jenis kelas nya,” kata Dimas kepada Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Biasanya, di tempat pemberhentian istirahat, penumpang akan diberikan waktu untuk bersantap di rumah makan kurang lebih selama 30 menit. Untuk menu makanan di setiap kelas bus akan berbeda. Kemudian akan diberikan juga paket camilan sebanyak satu kali.

Sama seperti PO Sumber Alam, PO Rosalia Indah akan memberikan jatah makanan gratis satu kali untuk rute yang dekat. Sementara itu, untuk penumpang bus rute yang jauh akan mendapatkan dua kali layanan makan gratis. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.