Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Merek Helm Pebalap MotoGP 2023, Masih Ada KYT

Kompas.com - 09/01/2023, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai MotoGP musim 2023, Fabio Quartararo akan mengenakan helm baru dari produsen HJC, menggantikan merek Scorpion yang dipakai sejak debut di kelas premier pada 2019.

Pebalap asal Perancis tersebut akan memakai helm HJC RPHA 1 yang sudah dihomologisasi FIM. Quartararo sendiri mengatakan sudah familiar dengan RPHA 1 karena dipakai oleh beberapa rekan pebalap lainnya.

“Saya suka mereknya juga karena pemasaran keren yang mereka lakukan. Saya sudah familiar dengan helm balap RPHA 1 karena saya berteman baik dengan Yamaha Test Rider Cal Crutchlow, yang telah memakai HJC selama bertahun-tahun," kata Quartararo, dilansir dari Crash.net, (9/1/2023).

Baca juga: PO Haryanto Langsung Rilis 2 Bus Baru Usai Rian Mahendra Keluar

 

 

“Juga, pembalap seperti Brad Binder telah membalap dengan helm HJC dan RPHA 1. Helm balap terlihat sangat aerodinamis dengan banyak fitur keselamatan yang penting bagi pengendara profesional," kata dia.

Setelah Quartararo, pebalap anyar LCR Honda Alex Rins dikabarkan akan mengganti merek helm di MotoGP 2023.

Hal ini diumumkan langsung oleh pebalap asal Spanyol itu melalui laman media sosialnya. "Tahun baru berarti halaman baru dalam hidup saya, selain bersama LCR Team, saya juga tidak lagi bersama Nolan," tulis cuitan Twitter @Rins42.

Baca juga: Ingat, 28 Akses Gerbang Tol di Jakarta Berlaku Ganjil Genap

“Saya senang dengan apa yang kita capai bersama, selamanya kamu (Nolan) akan punya tempat yang spesial di hati saya," lanjutnya.

Sebagai informasi, sejak debut di MotoGP 2017, Rins menggunakan Xlite yang sebenarnya juga naungan dari Nolan Group. Kini, Rins kabarnya bakal bergabung dengan Scorpion yang sebelumnya digunakan oleh Fabio Quartararo.

Selain Quartararo dan Rins, pebalap yang berganti helm berikutnya adalah Aleix Espargaro yang meninggalkan KYT untuk berpindah ke Kabuto.

Termasuk Pol Espargaro yang kini menggunakan AGV Pista GP-RR, lalu Jack Miller dan Jorge Martin yang menggunakan Alpinestars Supertech R10. Adapun Joan Mir belum ada pengumuman resmi menggunakan helm jenis apa.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Matik Baru di Bawah Rp 200 Juta per Januari 2023

Fabio Quartararo saat sesi tes Valencia untuk MotoGP 2023Dok. Yamaha MotoGP Fabio Quartararo saat sesi tes Valencia untuk MotoGP 2023

Berikut ini daftar helm pebalap MotoGP 2023:

- Monster Yamaha
Fabio Quartararo, HJC RPHA 1
Franco Morbidelli, AGV Pista GP-RR

- Ducati Lenovo
Francesco Bagnaia, Suomy SR-GP
Enea Bastianini, KYT SR-GP

- Aprilia
Aleix Espargaro, OGK Kabuto F-17
Maverick Vinales, ARAI RX-7

- Repsol Honda
Marc Marquez, Shoei X-SPR Pro
Joan Mir, TBA (*)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com