Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Belum Mau Bawa GR Corolla ke Indonesia

Kompas.com - 11/12/2022, 15:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Toyota resmi meluncurkan GR Corolla untuk pasar Asia Tenggara, tepatnya pada gelarang 39th Thailand International Motor Expo 2022.

Hot hatch dari Toyota ini hadir dalam unit terbatas, kabarnya GR Corolla bakal diproduksi sebanyak 8.600 unit, tetapi 6.600 unit diantaranya hanya dijual untuk pasar Amerika Serikat. Sementara untuk pasar Thailand hanya mendapat jatah 9 unit.

Lantas apakah ada kemungkinan mobil ini bakal diboyong ke pasar Tanah Air seperti GR Yaris?

Baca juga: Pentingnya Truk dan Bus Memahami Teknik Berkendara di Jalan Menurun

Menjawab hal ini, Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, untuk saat ini pihaknya belum berniat untuk membawa GR Corolla untuk pasar Indonesia.

GR CorollaDoc Carscoops GR Corolla

“Pada saat ini kita tidak perkenalkan dulu, karena suplai sangat terbatas bahkan lebih limited dari GR Yaris. Jadi kita lebih fokus pada GR produk yang lebih tersedia, seperti GR Supra, kemudian GR Hilux juga, yang saya rasa suplai ketersediaan lebih stabil,” ucap Anton, saat ditemui Kompas.com, di kawasan Jakarta Pusat, belum lama ini.

Namun, Anton melanjutkan, tak menutup kemungkinan jika nantinya GR Corolla dibawa ke Indonesia, hanya saja pastinya hadir dengan jumlah yang sangat terbatas.

“Saya tidak hafal produksinya berapa, karena melihat ketersediaannya terbatas sekali jadi kita tidak diskusi lebih dalam. Bisa dibayangkan GR Yaris kita dapatkan 100 lebih itu pun banyak yang merasa tidak menerima mendapatkan. Apalagi ini sangat limited, kalaupun memasukan (di Indonesia) jumlahnya tidak akan banyak,” kata dia.

Toyota GR CorollaDok. Toyota Toyota GR Corolla

Sebagai informasi, GR Corolla hadir dengan desain hatchback dengan aura sporty yang kental. Mobil ini tidak dibangun dari sedan Corolla Altis maupun SUV Corolla Cross.

GR Corolla dibekali dengan mesin bensin tiga silinder G16E-GTS 1.600 cc Turbocharger yang sama dengan GR Yaris, mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga hingga 300 ps atau 295 hp dan torsi 370 Nm.

Baca juga: Parkir Mobil Matik, Jangan Asal Langsung Pindah ke R

Di pasar Amerika Serikat, mobil ini dibanderol mulai dari 35,900 USD atau sekitar Rp 535 jutaan, sampai 49,900 USD atau Rp 744 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com