Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Motor Ala Superman Marak Terjadi di Malaysia, Hukumannya Berat

Kompas.com - 11/12/2022, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya berkendara ala "Superman" yang tiduran di atas jok sepeda motor tak cuma terjadi di Indonesia tapi marak di Malaysia. Gaya seperti ini biasanya dilakukan oleh para pelaku balap liar.

Polisi Malaysia melakukan tindakan keras untuk menekan perilakuk tersebut. Siapa yang terbukti mengendarai motor ala Superman akan didenda mulai dari 5.000-15.000 ringgit Malaysia yakni setara Rp 17 juta - Rp 53 juta, atau ancaman pidana 5 tahun.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan di Tol Cipali, Pakai Skema Contraflow

Balap liar di Kota Mojokerto, Jawa Timur, dibubarkan aparat Kepolisian Resor Kota Mojokerto, Selasa (6/9/2022) petang.KOMPAS.COM/HANDOUT Balap liar di Kota Mojokerto, Jawa Timur, dibubarkan aparat Kepolisian Resor Kota Mojokerto, Selasa (6/9/2022) petang.

Hal tersebut diunggah oleh polisi Malaysia lewat media sosial. Naik motor ala Superman melanggar Undang-Undang Transportasi Jalan 1987 Bagian 42(1) yang mencakup mengemudi sembrono atau berbahaya.

“Stunt riding dan 'Superman' adalah hal yang umum di kalangan pengendara muda di jalan raya untuk mencari sensasi. Sadarkah mereka bahwa tindakan seperti itu tidak hanya membahayakan diri mereka sendiri tetapi juga dapat mempengaruhi pengguna jalan lainnya?," tulis Paultan.org, Minggu (11/12/2022).

Selain membayar denda tilang, SIM pelaku yang melakukan aksi ala Superman juga akan dicabut. Pelaku juga tidak boleh mengajukan SIM untuk jangka waktu lima tahun setelah hukuman.

Baca juga: 5 Jalan di Solo yang Ditutup Sementara Saat Pernikahan Kaesang - Erina

Petugas dari Kepolisian Resor Kota Mojokerto, mengamankan sejumlah motor yang digunakan untuk balap liar di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (6/9/2022) petang.KOMPAS.COM/HANDOUT Petugas dari Kepolisian Resor Kota Mojokerto, mengamankan sejumlah motor yang digunakan untuk balap liar di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (6/9/2022) petang.

Balik ke Indonesia, gaya naik motor ala Superman juga banyak dilakukan anak muda. Bedanya di Malaysia pemegang aturan berusaha menerapkan hukuman berat untuk menekan perilaku berbahaya tersebut.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, balap liar adalah sebuah perilaku tidak aman, bodoh dan tidak bertanggung jawab sama sekali.

Karena membahayakan diri sendiri, serta dapat merusak tatanan hidup keluarga mereka dan orang lain.

Pengendara motor berlagak ala Superman di jalan rayainstagram.com/agoezbandz4 Pengendara motor berlagak ala Superman di jalan raya

“Kalau memang hobi lakukan di tempat tertutup seperti sirkuit. Jangan di ruang publik dan jalan raya,” ucap Jusri belum lama ini kepada Kompas.com.

Sementara itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menambahkan, aktivitas balap liar memang sulit untuk diberantas.

“Ini menyangkut anak muda yang kurang beraktivitas yang terarah dan minimnya penyaluran terhadap mereka. Setiap kali ada jalan kosong, sepi, baru, tertutup, selalu dimanfaatkan oleh mereka, dan aksi mereka semakin menggila karena tidak adanya penertiban juga selalu didukung oleh adanya penonton,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com