Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara Dunia WSBK Sebut MotoGP Makin Mirip Formula 1

Kompas.com - 09/12/2022, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Alvaro Bautista percaya Marc Marquez dapat kembali ke performa terbaiknya dan menjadi penantang gelar MotoGP lagi. Juara Dunia WSBK 2022 itu yakin Marquez belum "habis."

Bautista yang pernah di MotoGP dari 2013 sampai 2018 dan melawan Marquez mengenal baik perjuangan Marquez. Dia melihat bagaimana pebalap asal Spanyol itu memenangkan lima dari enam kejuaraan dunia kelas utama.

Baca juga: Toyota Optimistis Menatap Industri Otomotif Tahun Depan

"Saya kira begitu. Dari apa yang saya lihat dia belum seratus persen bahkan jika dia sudah melaju kencang, " kata Bautista mengutip Crash.net, Jumat (9/12/2022).

Pembalap asal spanyol Alvaro Bautista sebelum Superpole Race World Superbike 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pembalap asal spanyol Alvaro Bautista sebelum Superpole Race World Superbike 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.

“Dia harus bisa melakukannya dengan cara yang lebih alami, sementara menurut saya itu lebih dipaksakan. Jika dia berhasil mencapai level yang dia miliki sebelumnya," kata Bautista.

Namun Bautista mengatakan, performa Marquez akan terhalang jika dia tidak mendapat motor yang sempurna tahun depan.

"Dia akan mampu bertarung di depan, bahkan jika Honda tidak di atas. Saya rasa dia tidak akan bisa berkembang banyak tahun depan. Saya rasa mereka tidak akan memulai musim dengan motor berperforma super," ungkap dia.

Bautista juga mengomentari anggapan bahwa MotoGP saat ini kurang menarik karena minim salip-salipan. Motor makin kencang tapi akhirnya kurang aksi akibat perangkat elektronik dan aero berlebihan.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez merayakan keberhasilan dalam meraih pole position MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi, Sabtu (24/9/2022) sore WIB. Link live streaming MotoGP Jepang tersedia di bagian akhir artikel ini. Terkini, Marc Marquez akan kembali tampil pada MotoGP Thailand 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Chang International Circuit, Buriram, 30 September hingga 2 Oktober 2022.AFP/TOSHIFUMI KITAMURA Pebalap Repsol Honda Marc Marquez merayakan keberhasilan dalam meraih pole position MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi, Sabtu (24/9/2022) sore WIB. Link live streaming MotoGP Jepang tersedia di bagian akhir artikel ini. Terkini, Marc Marquez akan kembali tampil pada MotoGP Thailand 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Chang International Circuit, Buriram, 30 September hingga 2 Oktober 2022.

Bautista percaya kemajuan aero membuat MotoGP lebih mengarah ke Formula 1. Berbeda dengan motor WSBK saat ini di yang memungkinkan pebalap untuk menunjukkan lebih banyak potensi.

Baca juga: SPK Toyota Kijang Innova Zenix 4.000 Unit, Dominan Varian Hybrid

"Mereka membuatnya mirip dengan Formula 1," tambah pembalap Spanyol itu.

“Teknologi di WorldSBK lebih sedikit. Selain itu, di MotoGP sepertinya semua motor memiliki karakteristik yang sama untuk melaju cepat, sedangkan Kawasaki memiliki kualitas tertentu di WorldSBK, Yamaha (memiliki) yang lain dan Ducati yang lain," ungkap dia.

“Anda dapat melihat di mana satu motor lebih cepat dan yang lain lebih sedikit. Ada banyak overtaking karena, dalam satu lap, satu motor berjalan lebih baik di beberapa titik dan yang lainnya di trek lainnya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com