Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Spesifikasi Motor Listrik Gambot Alva One

Kompas.com - 30/11/2022, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alva One hadir mengisi celah skuter listrik gambot di Indonesia. Motor ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Sebelumnya Kompas.com sudah membahas mengenai desain dan kali ini akan fokus pada fitur. Sebab fitur dan spesifikasi merupakan komponen penting buat calon konsumen saat mempertimbangkan membeli motor.

Baca juga: Cara Sederhana Hilangkan Bunyi pada Karet Wiper

Sebagai motor listrik, semua penerangan Alva One sudah pakai lampu LED baik lampu depan dan sein. Tersedia colokan USB di glove box kiri. Bannya memakai Michelin yang merupakan keunggulan tersendiri.

Colokan USB di Alva One yang terletak di laci bagian kiri.KOMPAS.com/Gilang Colokan USB di Alva One yang terletak di laci bagian kiri.

Pengereman mengusung cakram ganda dan fitur Combine Brake System (CBS). Konsepnya sama seperti CBS Honda, di mana saat mengerem sistem akan mengaktifkan rem depan dan belakang.

Seperti skutik kebanyakan, Alva One juga punya Side Stand Safety, yakni sistem pengaman yang aktif apabila Side Stand ditegakkan. Saat fitur tersebut aktif, motor ini tidak akan bisa diubah dari kondisi parkir ke kondisi siap digunakan.

Kunci kontak model magnetik namun sebagai pengaman tambahan, Alva One memiliki teknologi smart key dengan fitur untuk mengunci dan menyalakan motor tanpa harus memasukkan kunci fisik.

Baca juga: Bahas Tampilan Eksterior New Xpander Cross, Lebih Proporsional

Motor listrik alias dinamo pakai hub drive dan tidak pakai belt. Posisi motor dinamo yang terletak di roda belakang memungkinkan pemberian tenaga langsung dari motor dinamo ke roda.KOMPAS.com/Gilang Motor listrik alias dinamo pakai hub drive dan tidak pakai belt. Posisi motor dinamo yang terletak di roda belakang memungkinkan pemberian tenaga langsung dari motor dinamo ke roda.

Alva juga membekali motor dengan aplikasi khusus. Melalui aplikasi tersebut, konsumen bisa melakukan akses ke remote on/off, Bike Sharing Access, GPS Locator & Tracker, Battery Monitoring, lokasi charging station, Alva Experience Center Locator, Alva Roadside Assistance, hingga Monthly Saving Estimator.

Motor listrik alias dinamo pakai hub drive dan tidak pakai belt seperti punya Gesits. Posisi motor dinamo yang terletak di roda belakang memungkinkan pemberian tenaga langsung dari motor dinamo ke roda tanpa menggunakan transmisi.

Di atas kertas, motor listrik ini memiliki daya maksimum sekitar 4,8 kW atau setara 5,7 PS (5,5 Tk), serta torsi maksimum 46 Nm. Adapun baterai motor ini diklaim dapat digunakan untuk jarak tempuh 70 Km sekali isi dalam kondisi penuh.

Baca juga: Tidak Tebang Pilih, Ini Prosedur WNA jika Kena Tilang Elektronik

Alva One mengusung tipe baterai lithium dengan kapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh). Baterai tersebut memiliki bobot 18 kg dan punya fitur proteksi berupa layar IP65, yang aman dari debu dan semprotan air.
KOMPAS.com/Gilang Alva One mengusung tipe baterai lithium dengan kapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh). Baterai tersebut memiliki bobot 18 kg dan punya fitur proteksi berupa layar IP65, yang aman dari debu dan semprotan air.

Pengisian baterai juga dapat dilakukan secara langsung dari motor atau dengan melepas baterai.

Alva One mengusung tipe baterai lithium dengan kapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh). Baterai tersebut memiliki bobot 18 kg dan punya fitur proteksi berupa layar IP65, yang aman dari debu dan semprotan air.

Mengenai daya charger, motor ini punya spesifikasi 70.5 V 15 A (1,1 kW). Sementara lama pengisian berada di sekitar 4 jam, dengan minimum daya listrik di rumah 1.300 kWh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com