Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beroperasi 2023, Gantry Tol Nirsentuh di Jagorawi Disempurnakan

Kompas.com - 30/11/2022, 08:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melakukan rangkaian uji coba, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) masih akan melakukan penyempurnaan dan penyesuaian terhadap gantry sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF), yang ada di Km 18+370 Tol Jagorawi arah Ciawi.

Menurut Danang Parikesit, Kepala BPJT, penyesuaian yang dilakukan pada gantry MLFF yang pertama terpasang di Tol Jagorawi berupa instrumen atau perlengkapan peralatan pendukung seperti kamera, server, dan lainnya.

"Setelah dilakukan pengamatan dan evaluasi perlu dilakukan penyempurnaan kembali untuk peralatan pendukungnya sebelum nantinya siap diuji cobakan kepada pengguna jalan tol secara langsung," ucap Danang, disitat dari laman resmi BPJT, Selasa (29/11/2022).

Penyempurnaan perlengkapan gantry telah melalui proses evaluasi para tim ahli, yakni tim BPJT, konsultan independen, dan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai badan usaha pelaksana sistem transaksi tol nontunai nirsentuh.

Baca juga: Rute Pekanbaru ke Rantauprapat via Tol Pangkas 3 Jam Perjalanan


Bila sudah rampung dengan gantry uji coba MLFF di jalan tol Jagorawi, selanjutnya juga akan dilakukan hal yang sama pada gantry uji coba kedua yang terpasang di jalan tol JORR S KM33+635.

Proses penyesuaian pertama akan dilakukan di Jalan Tol Jagorawi pada 29 November 2022 dan 1 Desember 2022, dari pukul 23.00–04.00 WIB.

Untuk memastikan pekerjaan berjalan aman dan lancar, RITS telah melakukan koordinasi dengan Jasamarga Metropolitan Tollroad sebagai operator jalan tol Jagorawi.

Menurut Dangan, kegiatan penyempurnaan instrumen pendukung gantry tidak akan mengganggu jadwal operasional pelaksanaan MLFF yang sebelumnya telah ditentukan.

Baca juga: Klaim Manfaat Bayar Tol Nirsentuh Pakai Teknologi MLFF

Ilustrasi gantry sistem MLFF di jalan tol.Dok. BPJT Ilustrasi gantry sistem MLFF di jalan tol.

"Semua tetap sesuai target pelaksanaan yakni pada 2023 sistem tol MLFF akan mulai di uji cobakan di beberapa ruas tol. Kemudian setelah kedua tiang gantry tersebut disempurnakan, akan jadi benchmark (pembanding) untuk pembuatan gantry-gantry lainnya," katanya.

Beberapa instrumen yang akan dipasang antara lain kamera dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) berbasis perangkat lunak, Central Processing Unit (CPU), dan sebagainya. Untuk dapat melakukan penyesuaian tersebut maka akan dilakukan proses pemasangan ulang gantry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com