Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Spesifikasi Mobil Listrik Toyota bZ4X

Kompas.com - 10/11/2022, 16:23 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor resmi meluncurkan kendaraan listrik murni pertamanya untuk pasar Tanah Air, yakni bZ4X, Kamis (10/11/2022) di Jakarta.

Kehadiran All New Toyota bZ4X, sekaligus untuk melengkapi pilihan teknologi elektrifikasi di Indonesia, serta dalam rangka realisasi komitmen Toyota untuk menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan yang lengkap bagi beragam kebutuhan masyarakat.

“All New bZ4X menjadi pionir Battery EV Toyota sekaligus melengkapi line up kendaraan elektrifikasi di Indonesia yang terdiri dari teknologi Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV. Dengan ini, pelanggan bebas memilih kendaraan elektrifikasi Toyota yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Baca juga: Mobil Listrik Toyota bZ4X Resmi Meluncur, Harga Rp 1,1 Miliar

All New bZ4X dibangun dari basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA).

Salah satu yang menjadi kelebihan mobil ini adalah unit baterai ramping. Baterai terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan, sebagai bagian integral dari chassis sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.

Mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Jika dilihat dari eksterior, tampilan bZ4X begitu atraktif dengan paras yang tajam. Lampu LED projector yang didesain tipis mampu membuat tampilannya terlihat lebih agresif.

Tak hanya itu, aksen doff pada bumper depan-belakang, overfender serta side skirt yang dilengkapi dengan pelek 18 inci membuat tampilannya begitu menarik.

Masuk ke bagian interior, Toyota bZ4X mengusung desain yang modern dengan nuansa serba hitam. SUV Toyota ini dibekali dengan head unit berukuran 12,3 inci dengan desain yang mengambang serta sudah dilengkapi dengan fitur konektivitas lengkap ke smartphone.

Terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

All New bZ4X turut memanfaatkan fitur safety aktif yang paling canggih yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Disematkan pula fitur telematika T Intouch, yaitu teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA.

Mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Sebagai informasi, bZ4X yang meluncur di Indonesia hanya dibekali satu varian yakni Front Wheel Drive (FWD) panoramic roof yang dibekali dengan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 244 hp dan torsi 266 Nm.

Baca juga: Kencan Harian Bahas Desain New Honda Vario 125

Mobil ini bisa menempuh jarak 500 km dalam sekali pengecasan. Sementara untuk waktu pengecasan mobil ini membutuhkan waktu 30 menit dari posisi kosong hingga 80 persen.

Menyoal harga, mobil listrik murni Toyota ini dibanderol Rp 1,190 miliar on the road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com