Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Siap Operasikan 24 Bus Listrik Selama KTT G20

Kompas.com - 10/11/2022, 15:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - DAMRI siap mendukung kelancaran aksesibilitas transportasi selama helatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung pada 15-16 November 2022 di Bali.

Bersinergi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan INKA, perseroan bakal operasikan 24 bus listrik untuk menunjang mobilisasi para perserta dan deligasi.

Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri menyatakan, kini pihaknya tengah melakukan sejumlah persiapan dalam pengoperasian bus listrik tersebut. Tapi tidak diinformasikan model atau merek kendaraan terkait.

Baca juga: Pengembangan Industri Otomotif Tidak Hanya Bangun Pabrik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (17/7) melakukan tinjauan ke PT INKA di Madiun, Jawa Timur, untuk mengecek progres pembangunan Bus Listrik Merah Putih (BLMP) dan memastikan pengerjaannya dapat selesai tepat waktu, dalam rangka mendukung penyelenggaraan event G20 pada November 2022 mendatang.Dok. Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (17/7) melakukan tinjauan ke PT INKA di Madiun, Jawa Timur, untuk mengecek progres pembangunan Bus Listrik Merah Putih (BLMP) dan memastikan pengerjaannya dapat selesai tepat waktu, dalam rangka mendukung penyelenggaraan event G20 pada November 2022 mendatang.

"Persiapan di antaranya iala melakukan pelatihan untuk para pengemudi, mulai dari memastikan standar minimum pelayanan dalam keamanan dan kesiapan selama berkendara, pengekan kesehatan pengemudi, sampai simulasi jalur," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (10/11/2022).

"Tentu, kita juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk dapat melayani dengan baik dan optimal," lanjut Akhmad.

Baca juga: Polisi Siapkan Skema Rekayasa Lalu Lintas Jelang Libur Nataru

Adapun rute yang akan dilalui oleh bus listrik DAMRI dibagi menjadi tiga rute, yaitu;

1. Rute ND 1: bus akan melewati Lapangan Lagoon - Sofitel Hotel & Resort - BNDCC - Blai Collection - Hotel St. Regis - Mulia Resort - Hotel Hilton - The Apurva Kempinski - Samabe Bali Suites & Vilas.

2. Rute ND 2: bus akan melewati Nusa Dua Beach Hotel - The Westin Hotel - Hotel The Laguna - Hotel Melia Bali - Bali Collection - Hotel Grand Hyatt - Ayodya Resort Bali - Hotel Merusaka - The Apurva Kempinski.

3. Rute ND 3: bus akan melewati Bali Collection - The Mulia Resort - The Apurva Kempinski - Hotel Ritz Carlton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com