Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Indonesia Jadi Negara Pertama yang Meluncurkan Honda WR-V

Kompas.com - 03/11/2022, 13:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mendapatkan keistimewaan untuk menjadi negara pertama untuk diluncurkannya Honda WR-V di dunia atau world premiere. Bahkan, mobil ini langsung diproduksi di pabrik PT Honda Prospect Motor (HPM) di Karawang, Jawa Barat.

Tentu, keputusan tersebut bukan tanpa alasan. Menurut Business Innovation, Sales, and Marketing Director HPM Yusak Billy, itu dikarenakan pasar SUV di Tanah Air yang sangat berkembang pesat dalam dua tahun belakangan.

"Pasar SUV di Indonesia terus memiliki catatan positif dari tahun ke tahunnya. Hal itu yang menjadikan Indonesia terpilih menjadi negara yang lebih dahulu meluncurkan mobil ini," kata Yusak di peluncuran WR-V di Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Bedah Perbedaan Tiga Varian Honda WR-V

World premiere Honda WR-V di IndonesiaKOMPAS.com/Adityo Wisnu World premiere Honda WR-V di Indonesia

"Indonesia ini negara pertama yang distudi oleh tim riset dan pengembangan Honda Asia Pacific. Jadi, WR-V benar-benar produk spesial," lanjut Billy.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa komposisi segmen SUV terhadap penjualan mobil nasional telah mencapai 26 persen pada 2021. Penguasaan yang lebih besar daripada multi purpose vehicle (MPV), 23 persen.

Secara volume, pada periode sama pasar SUV juga mengalami peningkatan penjualan 185 persen dibanding ptahun sebelumnya mencapai 227.626 unit.

Dari data itu, penjualan small SUV atau SUV kompak, tercatat sebesar 30.174 unit. Namun dari jumlah tersebut, tidak ada produk Honda karena HPM baru memiliki HR-V, CR-V, dan BR-V yang bertarung di SUV menengah ke atas.

"Jadi kami mengajukannya, meminta tim R&D mengembangkan kendaraan yang dibutuhkan konsumen sesuai kondisi alam di Indonesia," kata Billy.

Baca juga: Honda Berencana Ekspor WR-V Mulai 2023

Honda WR-VKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Honda WR-V

Dengan kehadiran WR-V, Honda berharap mampu memenuhi ekspektasi dari konsumennya lebih jauh lagi. Terkhusus, kalangan muda dengan rentang usia 22-40 tahun yang memiliki semangat mencapai keinginannya.

"WR-V akan menyasar kaum hustle, kalangan muda yang giat dan memiliki semangat tinggi untuk mencapai keinginan mereka," ucap dia.

WR-V mengusung mesin bensin 1.5-liter i-VTEC DOHC 4 silinder segaris DBW, 16 katup, yang mampu menghasilkan tenaga 121 ps—terbesar di kelasnya, dengan torsi puncak 145 Nm.

HPM memasarkan WR-V dengan rentang harga mulai Rp 271.900.000 untuk tipe terendah yaitu Type E CVT, Type RS CVT dibanderol Rp 289.900.000 dan yang tertinggi adalah Rp 309.900.000 berstatus on the road Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.