Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Indonesia Jadi Negara Pertama yang Meluncurkan Honda WR-V

Kompas.com - 03/11/2022, 13:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mendapatkan keistimewaan untuk menjadi negara pertama untuk diluncurkannya Honda WR-V di dunia atau world premiere. Bahkan, mobil ini langsung diproduksi di pabrik PT Honda Prospect Motor (HPM) di Karawang, Jawa Barat.

Tentu, keputusan tersebut bukan tanpa alasan. Menurut Business Innovation, Sales, and Marketing Director HPM Yusak Billy, itu dikarenakan pasar SUV di Tanah Air yang sangat berkembang pesat dalam dua tahun belakangan.

"Pasar SUV di Indonesia terus memiliki catatan positif dari tahun ke tahunnya. Hal itu yang menjadikan Indonesia terpilih menjadi negara yang lebih dahulu meluncurkan mobil ini," kata Yusak di peluncuran WR-V di Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Bedah Perbedaan Tiga Varian Honda WR-V

World premiere Honda WR-V di IndonesiaKOMPAS.com/Adityo Wisnu World premiere Honda WR-V di Indonesia

"Indonesia ini negara pertama yang distudi oleh tim riset dan pengembangan Honda Asia Pacific. Jadi, WR-V benar-benar produk spesial," lanjut Billy.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa komposisi segmen SUV terhadap penjualan mobil nasional telah mencapai 26 persen pada 2021. Penguasaan yang lebih besar daripada multi purpose vehicle (MPV), 23 persen.

Secara volume, pada periode sama pasar SUV juga mengalami peningkatan penjualan 185 persen dibanding ptahun sebelumnya mencapai 227.626 unit.

Dari data itu, penjualan small SUV atau SUV kompak, tercatat sebesar 30.174 unit. Namun dari jumlah tersebut, tidak ada produk Honda karena HPM baru memiliki HR-V, CR-V, dan BR-V yang bertarung di SUV menengah ke atas.

"Jadi kami mengajukannya, meminta tim R&D mengembangkan kendaraan yang dibutuhkan konsumen sesuai kondisi alam di Indonesia," kata Billy.

Baca juga: Honda Berencana Ekspor WR-V Mulai 2023

Honda WR-VKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Honda WR-V

Dengan kehadiran WR-V, Honda berharap mampu memenuhi ekspektasi dari konsumennya lebih jauh lagi. Terkhusus, kalangan muda dengan rentang usia 22-40 tahun yang memiliki semangat mencapai keinginannya.

"WR-V akan menyasar kaum hustle, kalangan muda yang giat dan memiliki semangat tinggi untuk mencapai keinginan mereka," ucap dia.

WR-V mengusung mesin bensin 1.5-liter i-VTEC DOHC 4 silinder segaris DBW, 16 katup, yang mampu menghasilkan tenaga 121 ps—terbesar di kelasnya, dengan torsi puncak 145 Nm.

HPM memasarkan WR-V dengan rentang harga mulai Rp 271.900.000 untuk tipe terendah yaitu Type E CVT, Type RS CVT dibanderol Rp 289.900.000 dan yang tertinggi adalah Rp 309.900.000 berstatus on the road Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com