Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Prosedur Uji Emisi Kendaraan Bermotor, Wajib Mulai Akhir 2022

Kompas.com - 25/10/2022, 08:22 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik kendaraan di wilayah DKI Jakarta harus melakukan uji emisi kendaraannya, khususnya jika kendaraan tersebut umur atau usia pakainya sudah mencapai 3 tahun.

Jika mengacu kepada Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020, sasaran uji emisi adalah mobil penumpang perseorangan dan sepeda motor yang beroperasi di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Uji emisi jadi wajib dilakukan karena diusulkan menentukan besaran pajak kendaraan bermotor. Dari regulasi itu, uji emisi wajib dilakukan mulai akhir 2022.

Baca juga: Perusahaan Penyedia Jasa Sewa Kendaraan Ini Fasilitasi Uji Emisi Gratis

Dalam Pasal 17 peraturan tersebut memaparkan bahwa setiap pemilik kendaraan bermotor yang tidak melakukan uji emisi, atau tidak memenuhi ketentuan lulus uji emisi, dapat dikenakan disinsentif atau pembayaran parkir tertinggi.

Ada sejumlah cara yang bisa digunakan oleh pihak kepolisian saat akan memeriksa hasil uji emisi kendaraan. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi uji emisi.

Uji emisi kendaraan roda empat di Depok, Selasa (16/11/2021). Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok memberikan layanan uji emisi kendaraan roda empat secara gratis selama tiga hari ke depan.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Uji emisi kendaraan roda empat di Depok, Selasa (16/11/2021). Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok memberikan layanan uji emisi kendaraan roda empat secara gratis selama tiga hari ke depan.

Melalui aplikasi tersebut, petugas kepolisian tinggal memasukkan nomor polisi kendaraan yang ingin dicek. Nantinya, akan terlihat hasil apakah kendaraan tersebut sudah lulus uji emisi atau belum.

Pengujian emisi sendiri dilakukan dengan cara yang cukup sederhana. Pertama, petugas memasangkan alat pendeteksi gas pada knalpot kendaraan. Mesin harus dalam keadaan hidup saat pengujian berlangsung.

Baca juga: Ternyata Ini yang Didiskusikan Ducati Saat Bagnaia Lawan Bastianini

Namun, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan, yaitu walaupun mobil berada dalam posisi hidup, alat-alat pada mobil harus mati. Misalnya, radio, AC, hingga lampu.

Setelah lulus uji emisi, selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta akan memberikan sertifikat lulus uji emisi bagi pemilik kendaraan yang sudah lulus uji emisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com