Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulas Mitsubishi XFC Concept, SUV Kompak Pesaing HR-V dan Creta

Kompas.com - 20/10/2022, 08:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Motors akan memasuki persaingan di kelas SUV kompak. Pabrikan asal Jepang ini sudah mempersiapkan diri dengan memperkenalkan mobil konsep XFC Concept.

Mitsubishi menyebutkan bahwa mobil tersebut menggabungkan aura SUV yang kompak tapi kuat. Bagian grille nampaknya akan dibuat cukup besar tepat di bawah logo tiga berlian.

Baca juga: SUV Kompak Mitsubishi Pesaing HR-V dan Creta Meluncur 2023

Desain lampunya juga cukup unik, di mana pada sisi kanan dan kiri bagian depan modelnya cukup agresif. Namun, pada bumper juga masih terdapat lampu DRL dengan bentuk heksagon.

Mitsubishi XFC ConceptDok. Mitsubishi Mitsubishi XFC Concept

Soal lampu depan, kemungkinan Mitsubishi masih akan mempertahankan bahasa desain yang sama seperti pada Xpander dan Pajero Sport. Lampunya akan berada di bagian bumper, sedangkan bagian atas untuk DRL.

Dilihat dari sisi samping, jarak terendah ke tanahnya cukup tinggi yang menguatkan karakter SUV. Sedangkan spion, mengandalkan kamera. Lekuk bodinya membuat mobil jadi terkesan kekar.

Baca juga: Mitsubishi Siap Luncurkan Pesaing HR-V dan Creta, Pakai Basis Xpander?

Apalagi, didukung dengan kaki-kaki yang cukup besar. Pelek dengan diameter 16 inci atau 17 inci jadi pilihan paling tepat untuk SUV kompak.

Mitsubishi XFC ConceptDok. Mitsubishi Mitsubishi XFC Concept

Pada bagian belakang, lampunya masih terlihat ada kemiripan dengan Xpander. Sementara pada bagian atas, terdapat spoiler yang memberikan kesan sporty. Pada bumper belakang, terlihat juga ada DRL model heksagon yang menghiasi.

Beralih ke bagian kabin, tata letaknya tak jauh berbeda dengan mobil zaman sekarang. Dua layar full digital yang cukup besar menghiasi bagian dasbor.

Sementara konsol tengah, digunakan untuk tuas persneling. Setirnya sendiri model flat bottom dan pastinya akan dilengkapi juga dengan berbagai tombol multifungsi.

Mitsubishi XFC ConceptDok. Mitsubishi Mitsubishi XFC Concept

Meski tergolong SUV kompak, Mitsubishi XFC Concept hadir dengan area kabin yang lapang. Secara khusus, dengan ruang kaki yang luas di kursi belakang, Mitsubishi menawarkan kenyamanan tingkat atas di kelasnya.

Selain itu, semua penumpang dapat merasa aman dan nyaman dengan kontrol stabilitas kendaraan dalam kondisi jalan licin. XFC Concept juga disebutkan dibekali dengan empat mode berkendara, yakni Normal, Gravel, Mud, dan Wet.

Mitsubishi XFC ConceptDok. Mitsubishi Mitsubishi XFC Concept

Untuk pertama kalinya, Mitsubishi juga menyematkan Mode Basah. Mode ini dirancang dengan mempertimbangkan penggunaan di negara-negara ASEAN, seperti memungkinkan pengendaraan yang aman, bahkan di jalan yang dibanjiri hujan tiba-tiba.

"Nantikanlah XFC untuk kami pamerkan di pameran otomotif tahun depan,” ungkap Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), dalam keterangan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com