Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Platform DNGA, Toyota Pastikan Tidak Ada Kembaran Vios dari Daihatsu

Kompas.com - 13/10/2022, 17:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy memastikan bahwa produk Vios terbaru tidak akan ada model kembarannya meski menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Sebab, Vios merupakan produk khusus yang hanya dikembangkan oleh Toyota dan dijual ke berbagai negara. Jadi, tidak akan seperti model kendaraan yang menggunakan platform DNGA lain seperti Rocky-Raize maupun Xenia-Avanza.

"Dari kami, dalam melakukan development kita tidak membedakan apakah itu menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) ataupun DNGA karena Daihatsu sudah lebur ke Toyota Motor Corporation," kata Anton, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Vios Generasi Terbaru Sudah Bisa Dipesan, Inden Berapa Lama?

Toyota All New Vios Generasi 4dok.TAM Toyota All New Vios Generasi 4

"Jadi, Daihatsu dan Toyota sudah satu bagian dalam satu tim. Kemudian, Vios juga khusus dikembangkan untuk Toyota, jadi tidak ada Daihatsu line-up nya," lanjut dia.

Sehingga bagi konsumen yang menantikan produk kembar turunan dari Vios, harus melupakannya. Tapi bukan berarti Daihatsu tidak akan masuk ke kelas sedan murah juga walau bukan langsung turunan dari Vios.

Daihatsu sebenarnya punya model kembar sedan bersama Toyota, yaitu Altis yang dirancang menggunakan basis Toyota Camry. Namun produk tersebut hanya dijual di pasar Jepang saja.

Selain itu Daihatsu juga pernah menjual sedan Charmant di Indonesia yang berbasis Toyota Corolla. Meski begitu, agaknya strategi sedan kembar belum masuk dalam tingkat keekonomian jika dihadirkan kembali ke pasar Tanah Air.

Baca juga: Pilih Mana, Toyota Vios atau Mazda 2 Sedan

Toyota Vios Generasi keempat resmi hadir di Indonesia, Rabu (12/10/2022).dok.TAM Toyota Vios Generasi keempat resmi hadir di Indonesia, Rabu (12/10/2022).

"Vios khusus didevelop untuk Toyota, tidak ada di Daihatsu line-up dan model ini juga sudah dijual ke beberapa negara seperti Thailand," tegas Anton.

Untuk diketahui, Vios merupakan produk andalan Toyota Indonesia yang kerap mengisi pasar sedan murah. Kini, meski diimpor dari Thailand, mobil tersebut tetap dipastikan keandalannya untuk menemani aktivitas sehari-hari di dalam negeri.

Beberapa sektor yang berubah pada generasi keempat Vios ini, seperti penggunaan platform terbaru yang lebih ringan yaitu DNGA dan penyematan perangkat fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense (TSS).

Berikut harga resmi All New Toyota Vios OTR DKI Jakarta:

1. All New Vios 1.5 E M/T: Rp 314.900.000
2. All New Vios 1.5 G CVT Non Premium Color: Rp 355.200.000
3. All New Vios 1.5 G CVT premium Color Premium Color: Rp 356.700.000
4. All New Vios 1.5 G TSS CVT Non Premium Color: Rp 368.400.000
5. All New Vios 1.5 G TSS CVT Premium Color: Rp 369.900.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com