Kompas.com - 13/10/2022, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepeda motor keluaran baru saat ini telah dilengkapi berbagai teknologi canggih. Salah satu fitur yang bisa memudahkan para penggunanya adalah keyless dan smart key.

Dahulu, fitur ini hanya dipakai pada kendaraan mewah. Namun, di zaman sekarang hampir semua mobil atau motor keluaran terbaru telah memakai fitur ini, khususnya untuk varian teratas.

Fitur ini tentunya dibuat dengan tujuan meningkatkan keamanan dan kenyamanan konsumen. Namun apa saja perbedaan dari kedua fitur tersebut?

Baca juga: Usai Bungkam, Quartararo Mengaku Siap Balapan di MotoGP Australia

Teknologi keyless pada sepeda motor Honda yang diberi nama Smart Key SystemDok. AHM Teknologi keyless pada sepeda motor Honda yang diberi nama Smart Key System

Supriyanto, pemilik bengkel spesialis kelistrikan Abdigas Motor, mengatakan, keyless adalah pengganti anak kunci. Pada motor-motor keluaran baru, anak kunci diganti dengan kenop atau fob pada rumah kunci.

“Itu tanpa kunci, dia bisa diaktifkan pakai apapun, bisa pakai remot atau android, yang penting dia mengaliri setrum ke solenoid keyless tersebut supaya bisa diputar,” ujar Supriyanto, kepada Kompas.com (12/10/2022).

Sementara itu, smart key adalah teknologi kunci pintar. Menurutnya, smart key memiliki modul SCU yang membaca kode unik untuk menyalakan motor.

Baca juga: Terobos Banjir, Pengendara Motor di Bogor Terseret Air dan Hilang di Gorong-gorong

“Jadi smart key ini kalau kita bawa anak remotnya, itu kita datang, modul SCU akan membaca smart key yang terdeteksi. Misalnya dia punya kode 1234, setelah itu dia akan memverifikasi. Oh iya ini kunci yang benar,” ucap Supriyanto.

“Setelah itu kenop dipencet, dia akan menyala, karena dia mendapat kode yang tepat. Itu prosesnya, setelah dia memverifikasi dan kenop bisa diputar. ECU sudah diperintah sama SCU, oke SCU nyalakan, karena sudah mendapat verifikasi kunci yang tepat,” kata dia.

Supriyanto menambahkan, tanpa adanya proses tersebut, motor berteknologi smart key tidak bisa melakukan starter.

Baca juga: Modifikasi Suzuki XL7 Cocok buat Harian, Simpel tapi Ganteng

Teknologi keyless pada sepeda motor Honda yang diberi nama Smarr Key SystemDok. AHM Teknologi keyless pada sepeda motor Honda yang diberi nama Smarr Key System

Keyless itu pengganti kunci kontak atau fob-nya itu, alias tanpa kunci. Kalau smart key itu hanya baca saja, jadi dia yang memerintahkan si kenop supaya bisa diputar dan memerintahkan SCU untuk menyalakan,” tuturnya.

Hal inilah yang sering terjadi ketika motor dengan teknologi smart key dicuri. Motor smart key yang berhasil dibobol, mesinnya tidak bisa menyala.

Jadi pelaku bakal mendorong atau menyetut motor sampai lokasi yang ditentukan untuk mengamankan kendaraan tersebut.

“Tapi didorong pun enggak bikin curiga orang, karena kalau ditanya kenapa, tinggal bilang mogok. Karena kelistrikan semua hidup, baik klakson, lampu sein, speedometer, semua nyala. Hanya mesin yang enggak bisa nyala,” kata Supriyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.