Salin Artikel

Biaya Isi Pertamax Full Tank Avanza, Xenia, Xpander, dan Stargazer

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) resmi naik pada hari Sabtu (3/4/2022). Jenis bahan bakar yang naik adalah Pertalite dan Pertamax.

Untuk BBM jenis Pertamax, kenaikannya mencapai Rp 2.000, yaitu dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter.

Akibat kenaikan ini, pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk mengisi bahan bakar, khususnya jika ingin mengisi penuh tangki bensin. Berikut ini adalah kisaran harga untuk mengisi sejumlah mobil low multi purpose vehicle (LMPV) sampai full tank.

Untuk Toyota New Avanza dan Daihatsu New Xenia, kapasitas tangki bensinnya adalah 43 liter. Mengisi tangki penuh dengan Pertamax yaitu Rp 14.500 akan butuh biaya sebesar Rp 635.000.

Jika dibandingkan dengan saat sebelum harga Pertamax naik, yaitu Rp 12.500, jumlah uang yang perlu disiapkan oleh pemilik Avanza dan Xenia adalah Rp 537.500.

Sama dengan New Avanza dan New Xenia, kapasitas tangki Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga adalah 45 liter. Mengisi tangki hingga penuh kedua model ini dengan Pertamax akan memerlukan biaya sebesar Rp 635.000.

Sedangkan untuk LMPV terbaru Hyundai Stargazer, kapasitas tangkinya adalah 40 liter. Mengisi full tank akan membutuhkan biaya lebih kecil, yaitu Rp 580.000.

Dibandingkan dengan saat Pertamax belum naik, mengisi dengan Pertamax hingga tangki penuh akan memakan biaya sebesar Rp 500.000.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/08/074200515/biaya-isi-pertamax-full-tank-avanza-xenia-xpander-dan-stargazer

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.