Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maaf, Skutik Minim Diskon di GIIAS 2022

Kompas.com - 18/08/2022, 09:09 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia Intenational Auto Show (GIIAS) 2022 tak cuma memajang mobil tapi juga dimeriahkan beberapa merek sepeda motor. Namun di GIIAS tahun ini diskon untuk motor relatif sedikit.

Mayoritas merek motor yang ikut pameran enggan memberi diskon atau promo khusus selama GIIAS 2022. Para wiraniaga yang ditemui mengatakan sudah harga pas, dan tidak bisa lagi menurunkan banderol.

Honda contohnya, tidak memberikan diskon buat skutik entry level. Nama-nama seperti Honda Beat, Genio dan Scoopy tetap mengusung banderol biasa. Sebab model-model itu sedang inden alias unitnya kosong.

Baca juga: Ini Deretan Motor Termahal yang Ada di GIIAS 2022

Ilustrasi pengunjung pameran GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Ilustrasi pengunjung pameran GIIAS 2022

Salah satu wiraniaga Honda yang ditemui mengatakan, khusus buat skutik entry level seperti Honda Beat, Genio dan Scoopy tidak ada promo alias diskon. Namun, pembeli akan jadi konsumen prioritas.

"Tidak ada diskon, tapi dari GIIAS 2022, akan kita jadikan konsumen prioritas saja," kata wiraniaga tersebut kepada Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Wiraniaga Benelli-Keeway juga sama tidak memberikan diskon. Dua skutik andalan yaitu Benelli Panarea 125 dan Keeway Shiny 150 tidak ada potongan harga. Banderolnya sama baik di dalam atau luar pameran.

"Shiny 150 belum ada diskon, Panarea 125 juga tidak ada promo. Kalau beli di sini dapat jaket (jaket kerjasama Benelli x Smoked Garage ekslusif 20 unit)," kata wiraniaga tersebut.

Baca juga: Bedah Teknologi e:HEV Milik Honda

Selis E-Max punya dua varian baterai yaitu baterai lithium ion dan baterai non lithium.KOMPAS.com/Gilang Selis E-Max punya dua varian baterai yaitu baterai lithium ion dan baterai non lithium.

Ada diskon tapi bukan untuk skutik berbahan bensin melainkan motor listrik. Wiraniaga Selis memberikan potongan harga untuk Selis E-Max dan Agats jika melakukan pembelian kredit.

"E-Max ada dua baterai, kalau yang aki kering (SLA) dari Rp 15,5 juta jadi Rp 11,5 juta. Terus baterai lithium (single) dari Rp 22 jta jadi Rp 15,5 juta dan yang dua baterai dari Rp 28 juta jadi Rp 22 juta," kata dia.

Bisa dikatakan promo Selis merupakan yang paling besar di GIIAS 2022. Terutama untuk segmen skutik listrik entry level dengan kisaran harag di bawah Rp 20 juta.

Sisanya merek lain semisal Exotic E-Bike dan Minerva M1 tidak memberikan diskon. Sebab Minerva M1 dan kemudian Alva yang meluncurkan Alva One merupakan merek baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com