Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Punya Ayla EV, Bagaimana dengan Brio Satya Listrik?

Kompas.com - 14/08/2022, 08:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) cukup mencuri perhatian pengunjung di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, usai memperkenalkan mobil listrik Ayla EV.

Hal ini menarik, sebab dari banyak model yang dipasarkan, Daihatsu ternyata justru lebih memilih Ayla untuk dijadikan kendaraan elektrifikasi. Berbeda dengan pabrikan lain yang memilih mobil kelas menengah atau premium.

Jika benar diproduksi secara massal, bisa saja mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Sebab, Ayla sendiri merupakan mobil di segmen kendaraan bermotor roda empat yang hemat energi dan harga terjangkau (KBH2).

Baca juga: Toyota Pertimbangkan Kenaikan Harga Mobil pada Kuartal IV/2022

Kehadirannya Ayla EV bisa menjadi trendsetter di kelas yang sama, dimana ada Honda Brio Satya yang menjadi salah satu peserta di segmen tersebut. 

Terlebih lagi, saat ini Honda belum menunjukkan tanda menyematkan teknologi listrik pada mobil murahnya itu.

Meski demikian, Honda cukup santai menanggapi kehadiran Ayla EV.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, saat ini pihaknya mulai fokus untuk menyediakan kendaraan listrik untuk pasar Indonesia. Hal ini dimulai dengan memperkenalkan teknologi hibrid di GIIAS 2022.

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

“Kita melihat elektrifikasi pasti arah sana, arah kendaraan full baterai itu sudah pasti. 2040 secara global Honda harus karbon netral tapi entah itu full baterai atau fuel cell,” ucap Billy di ICE BSD, Sabtu (13/8/2022).

Mengenai segmen apa yang nantinya akan dijadikan kendaraan listrik Honda, Billy mengungkap, pihaknya masih terus mempelajari apa yang menjadi kebutuhan konsumen.

“Nanti segmen apa yang akan dijadikan ke sana (kendaraan listrik), pasti kami melihat apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Jadi, kita terus pelajari apa yang cocok dan dibutuhkan konsumen Indonesia saat ini,” katanya.

Baca juga: Diler Hyundai Mulai Serahkan Unit Pertama Stargazer ke Konsumen

Seperti diketahui, Daihatsu memamerkan Ayla EV untuk pertama kalinya ke publik di GIIAS 2022. Mobil listrik ini masih dalam bentuk konsep, bukan versi produksi massal.

Selain Ayla EV, kendaraan elektrifikasi lainnya yang dipamerkan adalah Rocky Hybrid. Mobil ini sebelumnya sudah diluncurkan di Jepang tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com