Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Studi, Daihatsu Mulai Proyek Ayla EV sejak 2020

Kompas.com - 12/08/2022, 08:32 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Daihatsu memamerkan Ayla EV pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mobil murah tersebut mendapat konversi dari mobil murah menjadi mobil listrik murni, sekaligus ubahan desain tersebut berstatus konsep dan masih dalam tahap studi.

Ketika pabrikan lain menghadirkan mobil listrik yang baru, Daihatsu malah melakukan konversi pada mobil bermesin konvensional.

Baca juga: Lihat dari Dekat Mobil Listrik Daihatsu Ayla EV di GIIAS 2022

Sri Agung Handayani, Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM, mengatakan, pihaknya melakukan pengembangan terhadap Ayla EV dimulai akhir 2020.

"Pengembangan detail dan konversinya kita lakukan di 2021. Untuk desainnya, kita lakukan di 2022," ujar Agung kepada wartawan, saat pembukaan booth, di ICE BSD, Kamis (11/8/2022).

Agung menambahkan, Ayla EV merupakan mobil konsep, jadi masih dilakukan studi. Daihatsu akan menyelesaikan proses studi terlebih dahulu sampai memenuhi tiga pilar kendaraan, yakni kualitas, convert ke customer, dan termasuk safety.

Baca juga: Mobil Listrik Ayla EV Hasil Kreasi Litbang Daihatsu Indonesia

Interior Daihatsu Ayla EVKompas.com/Donny Interior Daihatsu Ayla EV

"Begitu selesai semua studi dan kita percaya (mobil) ini bisa dipakai untuk konsumen, pasti kita akan informasikan secepatnya," kata Agung.

"Kita sekarang sedang fokus untuk menyelesaikan proses studi kita. Jadi, itu yang lebih penting supaya mobilnya bukan cepat diluncurkan, tapi memenuhi tiga pilar tadi. Hal itu yang lebih penting bagi kami dari manufaktur," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com