Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pentingnya Melakukan Perawatan AC pada Mobil

Kompas.com - 27/07/2022, 06:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan memang seharusnya senantiasa dirawat agar performanya tetap prima. Mulai mesin, kaki-kaki, hingga kenyamanan di dalam kabin.

Begitu juga dengan sistem AC pada mobil perlu diservis secara rutin, agar tetap mampu mendinginkan kabin.

Minimal setiap melakukan servis kendaraan secara umum seperti ganti oli, tidak ada salahnya meminta pihak bengkel untuk melakukan pemeriksaan sistem AC.

Baca juga: Alasan Servis AC Mobil Lebih Baik ke Bengkel Spesialis Terpercaya

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

Lantas, apa saja sih yang wajib dilakukan dalam merawat sistem AC pada mobil?

Service Advisor PT Graha Rajasa (Denso) Andres Siswanto, mengatakan jika tidak ada keluhan, servis itu maksudnya pemeriksaan, pembersihan evaporator serta penggantian freon dan oli freon.

“Intinya ya pembersihan evaporator depan, belakang (jika ada), dan blower,” ucap Andres kepada Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Dia mengatakan pengerjaan servis biasanya tergantung dengan kondisi AC mobil itu sendiri. 

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Servis AC Mobil

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan AC mobil. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan AC mobil.

“Terus kami menyarankan melakukan penggantian freon dan oli freon setiap servis, sekaligus memeriksa sistem AC di mobil tersebut dengan bantuan alat khusus, jika ada temuan kerusakan atau komponen yang perlu diganti baru kami informasikan ada tambahan pekerjaan beserta biayanya,” ucap Andres.

Sehingga, servis AC bisa sangat rumit jika ditemukan kelainan di dalam sistem. Tapi, jika kondisi AC mobil tersebut baik, maka jenis pekerjaannya pun bisa diprediksi hanya di sekitar pembersihan evaporator, blower, penggantian freon dan olinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com