Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Tips Aman Berhenti di Persimpangan Lampu Merah

Kompas.com - 20/07/2022, 16:21 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara, potensi kecelakaan bisa datang dari mana saja. Baik itu dari kelalaian pengemudi, kondisi mesin kendaraan, lalu lintas, atau pengguna jalan yang lain.

Melihat kecelakaan yang terjadi di persimpangan lampu merah CBD, Jalan Alternatif Cibubur, Jawa Barat, pada Senin (18/7/2022) sore, bahaya saat berlalu lintas bisa datang tanpa diduga; bahkan saat pengemudi sedang berhenti di lampu merah.

Meski begitu, pengemudi bisa melakukan beberapa hal untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan, dengan tetap mengingat bahwa potensi bahaya bisa datang dari berbagai arah.

Baca juga: Rawan Celaka, Warga Minta Lampu Merah CBD Transyogi Ditutup Permanen

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, saat berhenti di manapun selama masih di jalan raya, risiko kecelakaan akan tetap tinggi.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk meminimalisir potensi kecelakaan dan mempermudah pengemudi untuk menyelamatkan diri saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya jika melihat kejadian tabrakan di persimpangan lampu merah CBD.

"Kendaraannya, apapun yang dilakukan adalah injak pedal rem, bukan rem tangan atau parking brake. Kalau motor tarik tuas rem," ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (19/7/2022).

Ilustrasi lampu merah.SHUTTERSTOCK Ilustrasi lampu merah.

Baca juga: Ingat Lagi, Ini 25 Ruas Jalan Jakarta yang Terapkan Ganjil Genap

Sony mengatakan, salah satu tujuannya adalah untuk mempermudah escaping atau penyelamatan diri dengan mudah. Kemudian, ia membagikan 5 tips aman saat berhenti di lampu merah:

1. Perhatikan spion secara berkala

Saat sedang berhenti, pengemudi tetap harus waspada dengan keadaan sekitar agar bisa mengantisipasi bahaya.

"Lihat spion belakang dan samping secara berkala. Tidak hanya menghindari nabrak tapi (juga menghindari) ditabrak," ucap Sony.

2. Jangan istirahat di lampu merah

Seringkali, pengemudi justru jadi lengah saat sedang berhenti di lampu merah khususnya lampu merah yang memiliki durasi tunggu lama. Padahal, Sony mengatakan kebiasaan ini tidak dianjurkan.

"Kebiasaan istirahat di lampu merah tidak dianjurkan, karena kewaspadaannya pengemudi menjadi turun," ucap Sony.

3. Hanya bunyikan klakson saat ada bahaya

Kebiasaan membunyikan klakson menjadi sesuatu yang lazim di antara pengguna jalan. Padahal, klakson seharusnya hanya dibunyikan dalam keadaan tertentu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com