Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Standar yang Biasa Ada pada Bus AKAP

Kompas.com - 14/07/2022, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus AKAP atau Antar Kota Antar Provinsi masih menjadi pilihan transportasi darat yang ekonomis untuk sebagian orang Indonesia.

Selain harga tiketnya yang relatif murah, bus AKAP saat ini juga sudah lumayan cepat waktu tempuhnya, mengingat konektivitas jalan tol yang semakin luas. Bukan sekadar mengantar orang dari satu kota ke kota lain, ada juga fasilitas standar yang biasa ada di bus AKAP.

Saat ini, AC sudah menjadi fitur standar yang ada di bus AKAP. Walaupun begitu, memang masih ada daerah lain yang tidak memasang AC pada bus, tergantung dari kebiasaan para penumpang dalam hal ini konsumen yang ditargetkan.

Baca juga: Naik Kelas Bus Ekonomi, Apa Saja Fasilitasnya?

Kabin bus AKAP PO ALSDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO ALS

"Adanya bus model seperti itu (tanpa AC) untuk memenuhi kebutuhan, seperti di Sumatera. Masih ada penumpang yang tidak biasa naik bus pakai AC," ucap Dimas Raditya, Anggota Forum Bismania Indonesia kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain bahas AC, ada juga fitur lain yang jadi standar pada kebanyakan bus AKAP, yakni TV yang ada di depan. Standar di sini juga karena dari karoseri, ketika membeli bodi bus sudah termasuk dengan sistem hiburan TV dan audio.

Bedanya, semakin mewah bus biasanya menambah jumlah TV, jadi ada satu lagi di tengah kabin. Belum lagi untuk bus yang mewah, ada TV di setiap bangku yang bisa memutar musik dan video sesuai keinginan penumpang.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Kopling Mobil Manual Sudah Tipis


Lanjut, fasilitas yang umumnya hadir di bus AKAP terutama yang jarak jauh adalah bangku yang bisa direbahkan. Hal ini bertujuan untuk membuat penumpang nyaman selama perjalanan.

Terkait dengan bantal dan selimut, Wayan Sindhu, Ketua Umum BisMania Community mengatakan, fasilitas tersebut baru hadir pada bus kelas Patas, itu juga tergantung jaraknya.

"Semuanya tergantung jarak tempih, semakin jauh opsi yang tadi (bantal dan selimut) mungkin diadakan. Begitu juga dengan snack dan servis makan gratis," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com