Naik Kelas Bus Ekonomi, Apa Saja Fasilitasnya?

Kompas.com - 13/07/2022, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator bus AKAP saat ini semakin memperluas kelas layanan. Mulai dari ekonomi, patas, bisnis, VIP, Eksekutif, sampai sleeper, jadi beragam pilihannya.

Kelas bus Ekonomi memang bisa dibilang punya harga tiket yang paling ekonomis dibanding kelas layanan lainnya. Selain itu, bus kelas ekonomi zaman sekarang juga sudah semakin baik kondisinya, memakai armada baru.

Lalu, jika ingin pergi ke luar kota dengan bus kelas ekonomi, kira-kira apa saja ya fasilitas yang didapatkan penumpang?

Baca juga: Deretan Kelas Bus AKAP, mulai Ekonomi sampai Sleeper Bus

Wayan Sindhu, Ketua Umum BisMania Community mengatakan, untuk bus kelas ekonomi fasilitas yang didapatkan terbatas.

"Kalau kelas ekonomi itu jumlah kursi lebih banyak. Interior juga standar," ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (12/7/2022).

Jumlah kursi yang lebih banyak ini tentu berpengaruh pada ruang kaki. Jadi semakin banyak bangku, maka susunannya jadi lebih rapat.

Baca juga: Pilih Mana, Ganti Radiator OEM atau Servis Radiator?

Untuk model kursi, beberapa bus ada yang memakai konfigurasi tiga penumpang di kanan dan dua di kiri (3-2). Sehingga, jumlah penumpang yang diangkut bisa lebih banyak lagi.

"Susunan kursi ada yang 3-2, ada yang 2-2. Contoh yang ekonomi AC 2-2 Mandala, Surabaya-Bandung," ucap Wayan.

Kabin bus AKAP PO ALSDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO ALS

Selain jumlah kursi lebih banyak, fasilitas yang diterima penumpang juga tidak banyak. Misalnya tidak dapat Snack, bantal dan selimut juga opsional, tidak semua operator memberi.

"Untuk servis makan, kalau jarak jauh, bus berhenti, tapi bayar sendiri," kata Wayan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.