Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Ancol Tak Boleh untuk Balap Motor, tapi Bisa buat Sepeda

Kompas.com - 12/07/2022, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) Ahmad Sahroni memberikan keterangan bahwa Sirkuit Ancol hanya direkomendasikan untuk balap mobil, bukan balap motor.

Meski demikian, bukan berarti sirkuit dengan panjang lintasan 2,4 km itu tertutup untuk balapan lain. Sebab, ke depan pihak pengelola akan menjadikan sirkuit tuan rumah Formula E ini untuk balap sepeda.

Vice President Infrastructure & General Affairs OC Jakarta EPrix 2022 Irawan Sucahyono mengatakan, Sirkuit Ancol akan menggelar lomba balap sepeda atau dikenal dengan nama criterium.

Baca juga: Suzuki Indonesia Diganjar Fasilitas Ekspor Eksklusif ASEAN

Fastron Enduro Street Racedok. Fastron Fastron Enduro Street Race

Untuk perkenalan, pengguna road bike atau sepeda jalan raya boleh datang pada akhir pekan ini Minggu, 17 Juli 2022, dan mengitari sirkuit mulai dari pukul 05.00-09.00 WIB.

"Mulai akhir pekan ini road bike, Minggu jam 5-9 pagi. Minggu ini tanggal 17 Juli 2022, mulai bisa dipakai komunitas road bike. Minggu ini boleh tes semua road bike datang saja," kata Irawan kepada Kompas.com, Senin (11/7/2022).

Ke depan, kata Irawan, nantinya orang yang ingin masuk sirkuit harus membayar. Namun, pelaksanaan teknisnya menyusul, termasuk soal balapan yang dimaksud.

"Rencananya mau tiap minggu. Karena ada lomba namanya citerium, itu adalah balap sepeda di close circuit, balap sepeda di sirkuit itu ingin kita aktifkan di Jakarta," kata dia.

Baca juga: Bukan karena BBM RON Rendah, Ini Penyebab Fuel Pump Rusak

Balap criterium seperti Holycrit berfokus kepada kecepatan dan daya tahan. Balap criterium seperti Holycrit berfokus kepada kecepatan dan daya tahan.

"Sudah ada penyelenggara yang kita ajak bicara buat balap itu. Makanya, kalau latihan bisa pagi," ucap Irawan.

Sirkuit Ancol yang dibangun untuk pergelaran Formula E terletak di kawasan Pantai Karnaval, tepat di sisi selatan Ancol Beach City (ABC Mall), dengan panjang lintasan 2,4 km dan jumlah 18 tikungan.

Adapun criterium atau crit adalah jenis balap sepeda jalan raya yang terdiri dari beberapa putaran dalam sebuah sirkuit jalan raya yang tertutup dari lalu lintas umum.

Dikutip dari Wikipedia, panjang lintasan balapan dapat ditentukan oleh jumlah putaran atau total waktu, di mana jumlah sisa putaran akan dihitung mengikuti kemajuan balapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com