Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Optimistis Jual Banyak Motor sampai Akhir Tahun

Kompas.com - 23/06/2022, 13:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha optimistis penjualan sepeda motor makin bergairah seiring bangkitnya kegiatan masyarakat. Acara dan pameran yang kembali berlangsung diharapkan dapat merangsang penjualan.

Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, mengatakan, kondisi saat ini berbeda dengan awal tahun di mana yang mana masyarakat sudah semakin siap.

"Di awal tahun kita masih agak was-was dengan kondisi Covid-19 tapi dengan situasi kemarin MooGP sudah bisa offline dan ada IIMS, Java Jazz serta Jakarta Fair, walaupun kondisi Covid-19 yang sekarang naik lagi orang sudah lebih siap, secara prokes dan vaksin orang sudah lebih siap dibanding awal," kata Anton yang ditemui akhir pekan lalu.

Baca juga: Tanpa Harus ke Bengkel, Ini Cara Mudah Cek Volume Oli Mesin Mobil

Yamaha Fazzio Hybrid modifikasi di Indonesia International Motor Show 2022. KOMPAS.com/Gilang Yamaha Fazzio Hybrid modifikasi di Indonesia International Motor Show 2022.

Apalagi pertengahan Mei 2022, Indonesia mulai memperbolehkan masyarakat lepas masker di ruang terbuka. Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker.

"Harapannya kita tetap bisa lakukan aktivitas tatap muka dan optimis jualan. Di Jakarta Fair itu juga salah satu untuk meingkatkan penjualan dan orang sudah lama sekali tidak ada aktivitas jadi sekarang mudah-mudahan ini bisa positif," kata dia.

Di sisi lain Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) baru merilis angka penjualan motor pada Mei 2022.

Bulan lalu penjualan motor nasional mencapai 248.235 unit turun dibandingkan April yang mencapai 439.472 unit. Penjualan motor Mei merupakan yang terendah sepanjang 2022.

Baca juga: Memasang Busi Ada Tekniknya, Bukan Sekadar Kencang

Yamaha Gear 125 warna Metallic CyanDok. YIMM Yamaha Gear 125 warna Metallic Cyan

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala mengatakan, penjualan domestik bulan lalu yang lesu juga disebabkan banyaknya hari libur mulai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri hingga krisis global cip semikonduktor.

Meski begitu, AISI masih yakin target penjualan nasional bisa terpenuhi. Sampai akhir tahun targetnya 5,1 juta unit hingga 5,4 juta unit.

"Kalau dari kami hanya ingin jual sebanyak-banyaknya. AISI melihat kondisi yang ada positif dan kami juga melihat kondisi yang ada mendukung juga terhadap penjualan Yamaha secara produk. Kami optimis," kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com