Tanpa Harus ke Bengkel, Ini Cara Mudah Cek Volume Oli Mesin Mobil

Kompas.com - 23/06/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Oli mesin pada mobil memiliki peran penting menjaga komponen dari gesekan yang terjadi. Namun selain itu juga berfungsi menjaga temperatur.

Karena itu, pemilik mobil diharuskan rajin dalam melakukan pergantian pelumas. Bahkan disarankan untuk sesekali melakukan pengecekan takaran oli menggunkan dipstick.

Paska Estu Wicaksono Technical Leader Toyota Nasmoco Pemuda Semarang mengatakan, untuk menghindari risiko penguapan oli terutama pada mobil lawas, atau odometer tinggi batas garis oli tidak boleh kurang dari posisi bawah atau low

"Servis berkala wajib dilakukan pemilik mobil tiap interval 10.000 kilometer (km) atau 6 bulan sekali. Kalau mobil sering digunakan cek rutin kondisi dan volume oli lewat disptick," kata Paska, kepada Kompas.com, Rabu (22/6/2022). 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Efek Oli Mesin Diesel Digunakan pada Mobil Bensin

Dipstick atau indikator tongkat oli berada di bagian atas mesin. Biasanya bagian ujung diberikan warna kuning untuk mudah terlihat. 

Ilustrasi ganti oli mesin sepeda motorDok. DAM Ilustrasi ganti oli mesin sepeda motor

Untuk melihat volume oli di dalam mesin, tarik keluar dipstick, kemudian lap bagian ujung yang ada indikator sebelum memasukkan ulang ke dalam mesin. 

"Batas level oli supaya analisanya akurat, baiknya pengecekan dilakukan pada pagi hari," ujarnya. 

Indikator volume oli biasanya dibagi menjadi tiga level. Standarnya, bagian bawah atau ujung menunjukkan titik minimum, sementara bagian atas maksimum.

Beda halnya jika batas ketinggian oli berada pada titik terbawah, otomatis ini jadi tanda ada kebocoran sistem pelumasan mobil. 

Baca juga: Bukan Awet, Mobil Jarang Dipakai Justru Bikin Kantong Jebol

Cek oli mesin mobilCakra Motor 11 Cek oli mesin mobil

Parahnya, bila titik ketinggian oli mendekati batas low tapi belum masuk masa pergantian oli berkala, sebaiknya pemilik bisa langsung konsultasi dengan mekanik. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.