Salin Artikel

Alasan Daihatsu Pilih Mesin 1.3 L pada New Sirion

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu New Sirion didatangkan langsung dari Malaysia secara utuh alias CBU. Mobil kota alias city car ini dibekali mesin 1.3 L dengan kode 1NR-VE.

Untuk Malaysia, New Sirion dipasarkan dengan nama Daihatsu Perodua Myvi. Mobil tersebut memiliki dua tipe mesin, yakni 1.3 L dan 1.5 L.

Namun, New Sirion yang dipasarkan di Indonesia ini hanya dibekali dengan mesin 1.3 L, tidak ada pilihan mesin 1.5 L. Tak sedikit yang mempertanyakan mengapa hanya satu tipe mesin saja yang ditawarkan Daihatsu.

Dendy Triyanto, Marketing Product 1 Dept. Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, Sirion itu bermain di segmen low city car. Untuk segmen tersebut, pada umumnya mesin yang digunakan adalah 1.2 L atau 1.3 L.

"Kalau kita tingkatkan terus memang bisa, tapi secara kompetitor juga akan naik kelas. Kalau market-nya memang ke situ, kenapa tidak," ujar Dendy, saat Test Drive New Sirion, di Kota Manado, Selasa (21/6/2022).

Dendy menambahkan, city car medium pemainnya juga cukup banyak. Bahkan, sejak ada LSUV, mulai berkurang. Tapi, low city car disebut pasarnya masih ada.

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan, suatu APM dalam menentukan spesifikasi, dari struktur pasar, berbeda-beda untuk setiap negara.

"Intinya adalah disesuaikan dengan struktur pasar atau segmen pasar di masing-masing negara. Nah, di low city car ini, berarti mainnya di mesin 1.3 L," kata Hendrayadi.

"Jadi, tidak serta merta di sana ada 1.500 cc, kita ambil juga yang 1.500 cc, tidak cocok. Dari segi ukuran dan harga, kalau kita bawa 1.500 cc ya kelebihan," ujarnya.

Daihatsu memasarkan New Sirion dengan satu mesin dan dua tipe, yakni X CVT dengan harga Rp 236,8 juta (OTR Jakarta) dan R CVT yang dibanderol Rp 227,6 juta (OTR Jakarta).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/23/081200715/alasan-daihatsu-pilih-mesin-1.3-l-pada-new-sirion

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.