Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Fitur Cek Tarif Tol di Google Maps

Kompas.com - 22/06/2022, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna mobil kini tak perlu repot mengecek tarif tol. Pasalnya, aplikasi peta digital Google Maps kini sudah menyediakan fitur detail rincian biaya ketika melewati jalan tol.

Dengan adanya tarif tol pada Google Maps, setidaknya dapat memudahkan pengendara saat akan berpergian untuk menyiapkan saldo lebih dulu.

Namun, dikutip dari Tekno.Kompas.com, tarif yang disajikan bersifat estimasi, sehingga ada kemungkinan berbeda dengan kondisi nyata di lapangan.

Baca juga: Batas Kecepatan Berkendara di Jalan Tol Tidak Semua Sama

Adapun estimasi tersebut diambil berdasarkan informasi dari pihak pengelola jalan tol, dengan melibatkan perhitungan pada faktor waktu tertentu yang mungkin mempengaruhi besaran tarifnya.

Cara mengaktifkan fitur Toll Prices di Google Maps.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara mengaktifkan fitur Toll Prices di Google Maps.

Nah, buat yang mau coba menggunakan fitur tarif tol di Google Maps, paling utama harus memiliki aplikasi lebih dulu, baik di ponsel berbasis android atau iOS.

Setelah itu tinggal mengikuti langkah berikut ;

  • Buka Google Maps.
  • Klik ikon foto profil pada sebelah kanan kolom pencarian.
  • Pilih menu "setelan", pilih "navigasi"
  • Temukan kolom "tarif tol" di bagian bawah, dan aktifkan pilihan "lihat tarif kartu tol".

Perlu diingat, saat akan menggunakannya, pastikan bila sudah memilih opsi jenis kendaraan mobil dan memilih menggunakan jalan tol.

Baca juga: Sama-sama Pakai CVT, Mana Lebih Menarik, Brio RS atau Sirion Facelift?

Kendaraan melintas di Jalan Tol Solo-Semarang, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum 6 Mei dan sesudah 8 Mei 2022 agar dapat menghindari kepadatan pada puncak arus balik.ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROHO Kendaraan melintas di Jalan Tol Solo-Semarang, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum 6 Mei dan sesudah 8 Mei 2022 agar dapat menghindari kepadatan pada puncak arus balik.

Google mengklaim pengguna bisa melihat estimasi tarif pada sekitar 2.000 jalan tol yang adai di Amerika Serikat, Jepang, dan Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com