Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prinsipal Ford Datang ke Indonesia Pekan Depan, Mau Investasi Lagi?

Kompas.com - 15/06/2022, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan produsen otomotif asal Amerika Serikat (AS), Ford akan datang ke Indonesia pada 20 Juni 2022.

Menurutnya, kedatangan tersebut seiring dengan ketertarikan perseroan untuk berinvestasi di Indonesia, setelah tim perusahaan mobil listrik Tesla mengunjungi Tanah Air beberapa waktu lalu.

Demikian dikatakannya dalam rapat dengan badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang ditayangkan langsung melalui Youtube Banggar DPR RI, Kamis (9/6/2022).

Baca juga: Tesla Lebih Dulu Investasi Rp 1,27 Miliar di Thailand, Ini kata Luhut

Restorasi Ford Mustang Mach 1 milik Sulistya Nugraha yang digarap oleh Resto Classic CyclesDok. Kustomfest Restorasi Ford Mustang Mach 1 milik Sulistya Nugraha yang digarap oleh Resto Classic Cycles

“Ford akan datang tanggal 20 Juni 2022. Semua mau end-to-end, karena mereka tau sekarang yang paling bisa itu Indonesia,” ujar Luhut.

Menurut dia, pembicaraan dengan Ford akan jauh lebih maju dibanding dengan Tesla sehingga perusahaan di bawah Elon Musk itu akan kembali ke Indonesia dalam waktu dekat.

Luhut menyebut, Indonesia merupakan tempat investasi kendaraan listrik terbaik dan menguntungkan dibanding negara lainnya. Sebagai contoh, Kalimantan Utara dapat membuat 265 gigawatt hour untuk menghasilkan energi dan memproduksi 3 juta unit mobil listrik.

Adapun kawasan industri di Kalimantan Utara saat ini merupakan industri dalam bentuk end-to-end clean energy dan menjadi nilai tersendiri bagi Indonesia di mata produsen otomotif listrik.

"Kalau mau bikin pabrik yang clean energy, yang end to end dapat green produk, the best place to go is Indonesia, tak ada yang lain," kata Luhut.

Baca juga: Lebih Besar, Ini Perbedaan Vespa World Days di Indonesia dengan Eropa

“Terlebih biaya Listrik hanya 5 sen per Kwh, dengan biaya transportasi hanya 1 dollar AS, mengangkut bahan-bahan itu. Siapa yang bisa lawan kita?," ujar dia.

Adapun, sebelumnya, Luhut menawarkan Tesla untuk membuat pabrik dengan sistem clean energy di Indonesia, dan menjamin keuntungan yang akan didapatkan. Tapi komunikasinya masih belum menemui titik terang.

Ford sendiri baru kembali berjualan di Indonesia setelah enam tahun hiatus dari Indonesia, yakni 2016.

PT Mitra Bisnis (MB) anak perusahaan dari PT RMA Group mengumumkan rencana bisnis untuk distribusi kendaraan bersamaan dengan peluncuran penjualan ritel Ford di Indonesia akhir tahun kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com