Ketahui Efek Buruk Sumpal Knalpot Mobil agar Suaranya Jadi Racing

Kompas.com - 27/11/2021, 12:41 WIB
Piranti tambahan pada knalpot yang mempersempit saluran gas buang sangat tidak disarankan. Akun Tiktok @aa_gynPiranti tambahan pada knalpot yang mempersempit saluran gas buang sangat tidak disarankan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pencinta modifikasi otomotif, aspek suara yang dihasilkan kendaraan turut jadi perhatian, utamanya pada saluran gas buang alias knalpot.

Tanpa mengganti knalpot standar bawaan pabrikan, muncul jawaban untuk membuat suara knalpot mobil jadi lebih kencang dan berkesan 'racing'. Dalam unggahan video di akun Tiktok @aa_gyn, diperlihatkan pemasangan tabung logam dengan lubang pembuangan yang dipersempit.

Usai memasang perangkat tersebut ke knalpot mobil standar, suara knalpot yang dihasilkan menjadi lebih bising dan lebih 'racing'.

Meski begitu, tanpa disadari tindakan tersebut memiliki efek negatif pada mesin kendaraan. Apalagi mengingat lubang tempat mengeluarkan gas buang makin diperkecil sehingga gas buang menjadi tertahan.

Baca juga: Kia Seltos CRDi, Satu-satunya SUV Kompak Bermesin Diesel

@aa_gyn

 

? suara asli - Aa gyn

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan sejumlah dampak negatif yang muncul akibat pemasangan perangkat semacam itu pada knalpot mobil.

"Karena volumenya dibuat menyempit, artinya gas buang dari mesin terhambat untuk keluar. Sehingga, dapat menyebabkan performa mesin menjadi berkurang," kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (27/11/2021).

Terlebih lagi, jika mobil tersebut kerap dibawa melaju ke jalur perbukitan yang penuh jalanan menanjak dan menurun. Berkurangnya performa mesin saat melewati jalur tersebut tentu berbahaya.

Baca juga: Berburu Honda Brio Bekas, Harga di Bawah Rp 100 Juta

Piranti tambahan pada knalpot yang mempersempit saluran gas buang sangat tidak disarankan.Akun Tiktok @aa_gyn Piranti tambahan pada knalpot yang mempersempit saluran gas buang sangat tidak disarankan.

Bukan cuma perkara performa mesin, Didi turut menyorot kemungkinan konsumsi bahan bakar yang lebih boros usai memasang perangkat tersebut.

"Ada kemungkinan bisa jadi (konsumsi BBM) akan lebih boros karena tenaga tertahan (oleh perangkat tersebut)," kata Didi menambahkan.

Pemasangan peranti apa pun pada knalpot kendaraan bermotor hingga membuat saluran gas buang makin menyempit tidak disarankan. Selain memberikan dampak negatif pada mesin kendaraan terkait, suara bisingnya tentu dapat mengganggu pengguna jalan lain di sekitar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.