Orang Eropa Terkejut dengan Vespa World Days 2022 di Bali

Kompas.com - 11/06/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan Vespa World Days (VWD) 2020/22 yang bergulir  di Nusa Dua, Bali, Indonesia menjadi yang terbesar sepanjang sejarah karena memiliki beragam rangkaian dan diikuti sedikitnya 8.500 peserta dari 16 negara.

Tidak heran, acara tahunan yang selalu dilaksanakan di wilayah Eropa ini mengejutkan banyak pihak tidak terkecuali Martin Stift selaku Vespa World Club Former President (2012-2021).

"Ini pertama kali VWD dilaksanakan di luar Eropa karena komunitas Vespa di Indonesia sangat besar dan aktif. Lihat aja di sekeliling kalian sekarang, ini jauh lebih besar daripada di Eropa. sangat well prepared," katanya Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Alasan Mengapa Vespa World Days 2022 Diselenggarakan di Bali

Vespa World Days (VWD) 2020-22dok.PID Vespa World Days (VWD) 2020-22

Martin pun mengaku mendapatkan respons baik dari pecinta Vespa Eropa yang sempat meragukan gelaran VWD dilaksanakan di luar Eropa, yaitu di Indonesia.

Mengingat, secara kultur sejak dibentuk pada 1954, gelaran tahunan itu selalu dilakukan di wilayah Eropa.

"Saya bilang ke teman-teman Eropa, di sini memiliki komunitas terbesar di dunia. Masyarakat di sini juga baik, terbuka, negaranya cantik, semuanya lengkap. Tidak ada alasan untuk tidak menggelar VWD di Indonesia," ujar dia.

"Setelah terlaksana, melihat langsung, mereka sangat senang sekali. Bila bisa dilaksanakan dua tahun lalu, tak terhalang pandemi, mungkin 500- 600 peserta dari negara Barat akan bergabung," ucap Martin, menambahkan.

Baca juga: Catat, Ini 7 Kendaraan yang Mendapat Prioritas di Jalan Raya

Kondisi di Museum Vespa, Vespa World Days (VWD) 2020-22dok.PID Kondisi di Museum Vespa, Vespa World Days (VWD) 2020-22

Sebab saat ini, pasca-pandemi Covid-19, beberapa orang yang tinggal di Eropa cukup sulit untuk datang langsung ke Indonesia, di samping harga tiket penerbangan yang semakin mahal.

Meski demikian, tidak lantas mengurangi kesenangan dan keseruan dari acara 'lebaran' para pecinta Vespa dunia tersebut.

Perasaan kagum datang dari Alex, salah satu bule yang jauh-jauh datang langsung dari Jerman untuk menghadiri VWD 2020-22 di Indonesia. Walau diakui ada yang kurang karena ia tidak bisa membawa Vespa kesayangannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.