Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Eropa Terkejut dengan Vespa World Days 2022 di Bali

Kompas.com - 11/06/2022, 09:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan Vespa World Days (VWD) 2020/22 yang bergulir  di Nusa Dua, Bali, Indonesia menjadi yang terbesar sepanjang sejarah karena memiliki beragam rangkaian dan diikuti sedikitnya 8.500 peserta dari 16 negara.

Tidak heran, acara tahunan yang selalu dilaksanakan di wilayah Eropa ini mengejutkan banyak pihak tidak terkecuali Martin Stift selaku Vespa World Club Former President (2012-2021).

"Ini pertama kali VWD dilaksanakan di luar Eropa karena komunitas Vespa di Indonesia sangat besar dan aktif. Lihat aja di sekeliling kalian sekarang, ini jauh lebih besar daripada di Eropa. sangat well prepared," katanya Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Alasan Mengapa Vespa World Days 2022 Diselenggarakan di Bali

Vespa World Days (VWD) 2020-22dok.PID Vespa World Days (VWD) 2020-22

Martin pun mengaku mendapatkan respons baik dari pecinta Vespa Eropa yang sempat meragukan gelaran VWD dilaksanakan di luar Eropa, yaitu di Indonesia.

Mengingat, secara kultur sejak dibentuk pada 1954, gelaran tahunan itu selalu dilakukan di wilayah Eropa.

"Saya bilang ke teman-teman Eropa, di sini memiliki komunitas terbesar di dunia. Masyarakat di sini juga baik, terbuka, negaranya cantik, semuanya lengkap. Tidak ada alasan untuk tidak menggelar VWD di Indonesia," ujar dia.

"Setelah terlaksana, melihat langsung, mereka sangat senang sekali. Bila bisa dilaksanakan dua tahun lalu, tak terhalang pandemi, mungkin 500- 600 peserta dari negara Barat akan bergabung," ucap Martin, menambahkan.

Baca juga: Catat, Ini 7 Kendaraan yang Mendapat Prioritas di Jalan Raya

Kondisi di Museum Vespa, Vespa World Days (VWD) 2020-22dok.PID Kondisi di Museum Vespa, Vespa World Days (VWD) 2020-22

Sebab saat ini, pasca-pandemi Covid-19, beberapa orang yang tinggal di Eropa cukup sulit untuk datang langsung ke Indonesia, di samping harga tiket penerbangan yang semakin mahal.

Meski demikian, tidak lantas mengurangi kesenangan dan keseruan dari acara 'lebaran' para pecinta Vespa dunia tersebut.

Perasaan kagum datang dari Alex, salah satu bule yang jauh-jauh datang langsung dari Jerman untuk menghadiri VWD 2020-22 di Indonesia. Walau diakui ada yang kurang karena ia tidak bisa membawa Vespa kesayangannya.

"Saya datang bersama teman saya khusus untuk menghadiri VWD. Salut karena sangat besar dan antusias dari Vespa Indonesia positif sekali. Tapi saya tidak bisa bawa Vespa saya karena mahal," kata dia.

Baca juga: Bonceng Motor Lebih dari 1 Orang, Bakal Diincar di Operasi Patuh 2022

Riding out menjadi salah satu rangkaian acara di Vespa World Days (VWD) 2022KOMPAS.com/Ruly Riding out menjadi salah satu rangkaian acara di Vespa World Days (VWD) 2022

"Sejauh ini saya sangat menikmatinya, banyak Vespa unik. orang-orang Indonesia ramah dan baik pula. Satu hal saja mungkin, cuacanya sangat panas," ucap Alex.

Sebagaimana diketahui, VWD 2020/22 digelar di Pulau Peninsula, Nusa Dua Bali, Indonesia pada 9-12 Juni 2022.

Helatan yang sudah tertunda selama dua tahun tersebut, diramaikan oleh 15 negara selain Indonesia. Di antaranya, Amerika Serikat (AS), Australia, Austria, Jerman, Italia, Inggris, Spanyol, Jordania, Perancis, Finlandia, Jepang, Filipina, Malaysia, Vietnam, Macedonia, dan Meksiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com