Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Banjir Rob Semarang, AHM Bakal Berikan Layanan Servis Gratis

Kompas.com - 25/05/2022, 16:11 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Imbas kenaikan permukaan air laut/rob yang terjadi di Semarang, dan sejumlah daerah lain di pantai utara Jawa Tengah, mengakibatkan puluhan ribu sepeda motor terendam.

Salah satunya motor para karyawan pabrik yang masih berada di kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang.

Dari beberapa video dan gambar yang beredar di media sosial pada Selasa (25/5/2022), terlihat banyak sepeda motor yang terendam air.

Baca juga: Ingat, Sanksi Tarif Parkir Uji Emisi Tertinggi Berlaku Juni 2022

@dzakirizki27 #viral #tanjungmas #tanjungmassemarang #musibah #musibah_yang_takterduga #kotasemarang #infoterkini ? suara asli - NinaHandino77

Sebagian laporan lain menunjukkan pemilik kendaraan menuntun kendaraan roda duanya menjauhi kawasan genangan air.

Menanggapi kejadian ini, General Manager Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin mengatakan, pihaknya belum mendapat laporan detail mengenai jumlah motor yang jadi korban dan kerusakan akibat peristiwa tersebut.

“Sejauh ini belum ada motor Honda korban tanggul jebol yang datang ke AHASS,” ujar Muhib, kepada Kompas.com (25/5/2022).

Baca juga: Peneliti BRIN Meragukan Air Jadi Bahan Bakar Kendaraan Bermotor

“Jadi kami belum tahu data pastinya. Jarak titik pelabuhan dengan AHASS terdekat lebih kurang 4 km. Semoga lekas surut banjir rob-nya,” kata dia.

Lebih lanjut, pria yang akrab di sapa Muhib tersebut mengatakan, pihaknya akan menyiapkan layanan servis di sekitar lokasi banjir yang dilakukan secara gratis.

Hal tersebut dilakukan guna memberikan pelayanan bagi konsumen motor Honda yang terdampak musibah tersebut.

Baca juga: Komponen Apa Saja yang Rusak Saat Mobil Terendam Banjir Rob?

Foto udara sejumlah kendaraan roda dua terendam banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). Banjir rob dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai 1,5 meter itu disebabkan oleh tingginya pasang air laut serta adanya tanggul yang jebol di kawasan tersebut.ANTARA FOTO/AJI STYAWAN Foto udara sejumlah kendaraan roda dua terendam banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). Banjir rob dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai 1,5 meter itu disebabkan oleh tingginya pasang air laut serta adanya tanggul yang jebol di kawasan tersebut.

“HSO Semarang akan membuat program Servis Visit ke dalam Pelabuhan untuk memberikan layanan servis. Sebelumnya akan kordinasi dengan pengelola pelabuhan untuk mendapatkan izin melakukan Servis Visit ke area pelabuhan,” ucap Muhib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com