Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segini Biaya Bikin Bus Mewah Jetbus Dream Coach di Karoseri Adiputro

Kompas.com - 23/05/2022, 17:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro beberapa waktu lalu meluncurkan model bus besar baru, yakni Jetbus Dream Coach.

Dream Coach ini merupakan jawaban Adiputro untuk operator yang membutuhkan bus dengan kabin super nyaman. Mengingat kabin Dream Coach dibuat layaknya kapsul berjalan, setiap penumpang bisa selonjoran selama perjalanan.

Bodi yang diluncurkan pada akhir 2021 ini sudah mulai banyak ditemui di jalan. Beberapa operator pun sudah menggunakannya, seperti Pandawa 87, New Shantika, Kalingga Jaya, dan Sinar Jaya.

Baca juga: Lihat Sopir Bus Berperilaku Bahaya, Penumpang Harus Segera Ingatkan

Kabin bus AKAP PO Kalingga JayaDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO Kalingga Jaya

Lalu untuk memboyong satu bus Dream Coach dari Karoseri Adiputro, berapa biaya yang harus disiapkan?

Perlu diingat, membuat satu bus utuh di Indonesia melewati dua tahap. Pertama, beli dahulu sasisnya di APM seperti Mercedes Benz, Hino, Scania, dan sebagainya. Kemudian sasis tadi dibawa ke karoseri untuk dibuatkan bodinya.

Untuk harga sasisnya akan sangat bervariasi, tergantung merek yang dipilih. Model sasis bus besar 4x2, harganya mulai dari Rp 800 jutaan sampai Rp 1,1 miliar.

Baca juga: Polisi Pelajari Aksi Sopir Pajero Sport yang Tampar Pengendara Yaris

Lalu untuk bodinya, Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk bodi Dream Coach, harga bodi serta bagian kabinnya sekitar Rp 900 juta.

"Kalau Dream Coach itu harganya Rp 940 juta belum termasuk AC. Jadi sudah sama bangku dan sistem hiburan di setiap kapsulnya, begitu juga dengan toilet," ucap Yohan kepada Kompas.com, Senin (23/5/2022).

Sebagai perbandingan, bodi Jetbus yang satu lantai harganya sekitar Rp 500 juta, namun masih kosongan. Artinya harga tadi belum sama bangku serta sistem pendingin kabin (AC).

Jadi kalau dihitung, untuk membuat satu unit Jetbus Dream Coach, bisa siapkan uang mulai Rp 1,6 miliar, tanpa AC. Jika sudah dipasang AC atau ada tambahan lainnya, harga tersebut bisa naik sampai Rp 2 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com