Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transportasi Umum di Jakarta Sudah Normal, Catat Waktu Operasionalnya

Kompas.com - 19/05/2022, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengeluarkan keputusan terbaru terkait kapasitas angkutan umum dan jam operasional transportasi umum di Ibu Kota.

Kebijakan ini tercantum dalam Surat Keputusan Nomor 251 Tahun 2022 yang menyebutkan, seluruh angkutan umum diizinkan beroperasi dengan kapasitas angkut 100 persen.

Baca juga: Bikin Kesal, Mobil Sudah Kasih Sein Motor Malah Nyalip dari Kiri             

“Peraturan kapasitas angkut bagi pengguna moda transportasi untuk pergerakan orang dan barang sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu huruf a yang mengangkut orang atau barang diberlakukan pengaturan jumlah penumpang paling banyak 100 persen dari jumlah kapasitas tempat duduk,” tulis SK yang dikirim Syafrin, dikutip dari Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

Kondisi tepi jalan raya yang mengarah ke Pondok Labu dan Cinere dekat Stasiun MRT Lebak Bulus, dipenuhi oleh angkot yang mengetem.KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN Kondisi tepi jalan raya yang mengarah ke Pondok Labu dan Cinere dekat Stasiun MRT Lebak Bulus, dipenuhi oleh angkot yang mengetem.

Dalam SK tersebut juga dijelaskan perpanjangan jam operasional transportasi umum.

Untuk jam operasional Transjakarta dan angkutan umum reguler dalam trayek dimulai pukul 05.00-22.00. Sedangkan untuk Moda Raya Terpadu (MRT) jam operasional dimulai pukul 05.00-23.00.

Baca juga: Ini Penyebab Ban Mobil Bisa Benjol                                 

Selanjutnya untuk Lintas Raya Terpadu (LRT) jam operasional dimulai pukul 05.30-22.30. Sementara untuk angkutan perairan jam operasional dimulai pukul 05.00-18.00 dan untuk angkutan malam hari pukul 22.01-24.00.

Adapun untuk KRL Jabodetabek jam operasional disesuaikan dengan pola operasional KRL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com