Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UD Trucks Pilih Loncat ke Euro5 Bukan Euro4

Kompas.com - 24/03/2022, 18:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Quester Euro5 resmi dirilis UD Trucks di Indonesia lewat acara peluncuran yang diadakan secara virtual pada hari Kamis (24/3/2022).

Peluncuran produk baru ini menyambut berlakunya regulasi kendaraan diesel yang dijual dan diproduksi di Indonesia harus lolos uji emisi Euro4 per 7 April 2022.

Bisa dilihat, truk yang diluncurkan UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) ini punya standar emisi yang lebih baik, yakni Euro5. Lalu mengapa tidak mendatangkan produk yang sesuai standar Euro4 dahulu?

Baca juga: UD Trucks Luncurkan Quester Euro5 di Indonesia

Peluncuran Quester Euro5DOK. UD AMI Peluncuran Quester Euro5

Direktur Marketing dan Aftersales Service UD AMI Aloysius Chrisnoadhi mengatakan, kalau membicarakan UD Trucks, sebelum ada regulasi Euro4, produk miliknya sudah lolos standar emisi Euro3.

"Sehingga waktu ditambahkan dengan peralatan untuk memenuhi standar Euro4, dihasilkannya emisi yang lolos Euro5," ucap Chrisnoadhi di acara peluncuran, Kamis (24/3/2022).

Peralatan yang diucapkan tadi maksudnya adalah Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk mengurangi emisi yang keluar dari gas buang. Sistem ini terpisah dari mesin, sehingga tidak memengaruhi performanya dan diklaim melindungi mesin dan awet.

Baca juga: Toyota Hadirkan GR Supra GT4 50 Edition, Hanya Enam Unit di Dunia

Secara sederhana, SCR menyemprotkan urea (AdBlue) ke gas buang dari mesin. Cairan AdBlue tadi mengurai Nitrogen Oksida (NOx) menjadi air dan gas nitrogen yang aman bagi lingkungan.

Chrisnoadhi menambahkan, lompatnya standar truk UD Trucks dari Euro3 ke Euro5 tidak terlepas untuk mempersiapkan kendaraan dengan emisi yang lebih baik lagi di masa depan.

"Yang dipikirkan adalah bagaimana berikutnya. Sebenarta lagi saya yakin di Indonesia itu akan naik lagi menjadi Euro6, kalau terlalu jauh maka akan lebih lama lagi mencapainya," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com