Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asa Pemerintah untuk Mobil Listrik Hyundai Buatan Indonesia

Kompas.com - 20/03/2022, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pabrik pertama Hyundai Motor Manufacturing di Asia Tenggara yang berlokasi di area Deltamas, Cikarang Tengah, Jawa Barat.

Tak sekadar memproduksi mobil untuk pasar domestik, Hyundai juga menjadikan pabrik di Indonesia yang dijadwalkan rampung tahun depan sebagai basis bagi pasar ASEAN.

Bahkan dengan adanya pabrik Hyundai di Indonesia, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasmita optimis bila pasar otomotif di Tanah Air akan menjadi pemain penting bagi rantai pasok dunia. Termasuk untuk mobil listrik.

"Kami optimis Indonesia bisa menjadi produsen kendaraan dengan emisi karbon rendah dan ramah lingkungan yang berdaya saing global. Untuk itu, perlu langkah akselerasi membangun ekosistemnya yang kuat dan terintegrasi," ujar Agus dalam keterangan resmi yang disitat dari laman Kemenperin, Kamis (117/3/2022).

Baca juga: Menyusul Hyundai, Wuling Pastikan Mobil Listrik Hadir Tahun Ini

Lebih lanjut Agus mengatakan, pihaknya mangapresiasi PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang merealisasikan komitmen untuk memproduksi kendaraan listrik di Tanah Air.

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) menyimak penjelasan tentang mesin mobil listrik Ioniq 5 di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang berada di Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Rabu (16/3/2022) sekaligus meresmikan peluncuran mobil listrik Ioniq 5 pertama yang dibuat di Indonesia.ANTARA FOTO/HO/Biro Pers, Media dan Informasi Setpres/Kris Presiden Joko Widodo (kedua kanan) menyimak penjelasan tentang mesin mobil listrik Ioniq 5 di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang berada di Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Rabu (16/3/2022) sekaligus meresmikan peluncuran mobil listrik Ioniq 5 pertama yang dibuat di Indonesia.

Sebagai tahap awal, ditandai dengan peluncuran Ioniq 5 yang sekaligus menjadi mobil listrik perdana hasil produksi pabrik Hyundai di Indonesia untuk dipasarkan baik domestik dan ekspor

"Pemerintah berharap kehadiran mobil listrik Hyundai Ioniq 5 akan menjadi milestone penting dalam pengembangan mobil listrik di tanah air, serta juga mendukung pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang semakin canggih dan berdaya saing global," ujar Agus.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemerintah bakal mendorong peningkatan komponen lokal kendaraan listrik dengan memberikan insentif dan memangkas berbagai hambatan regulasi.

Baca juga: Honda Luncurkan Mobil Baru Pekan Depan, Sinyal Kuat untuk HR-V

Hal tersebut bertujuan agar industri hulu dari kendaraan listrik bisa tumbuh, yang sekaligus berimbas pada terbukanya lapangan kerja serta mensubstitusi impor.

Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) meninjau proses perakitan mobil di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang berada di Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Rabu (16/3/2022) sekaligus meresmikan peluncuran mobil listrik Ioniq 5 pertama yang dibuat di Indonesia.ANTARA FOTO/HO/Biro Pers, Media dan Informasi Setpres/Kris Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) meninjau proses perakitan mobil di Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang berada di Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Rabu (16/3/2022) sekaligus meresmikan peluncuran mobil listrik Ioniq 5 pertama yang dibuat di Indonesia.

"Kami sedang memacu percepatan TKDN-nya. Apalagi dalam waktu dekat, kita sudah bisa memproduksi baterai untuk electrical vehicle. Kami berharap para industri menyiapkan komponen lain yang dapat mendukung produksi electrical vehicle di dalam negeri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com