Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marshal Sirkuit Mandalika Latihan Simulasi Pemadaman Api

Kompas.com - 17/03/2022, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen yang paling penting dari jalannya balapan MotoGP adalah marshal. Sebab, tugasnya termasuk penting.

Saat pebalap terjatuh, orang pertama yang menghampirinya adalah marshal. Selain menanyakan kondisi pebalap, marshal juga bertugas untuk membersihkan trek secepat mungkin agar balapan tetap lancar.

Pada saat pebalap terjatuh, motornya juga berisiko terbakar. Sehingga, dibutuhkan juga kemampuan untuk memadamkan api.

Baca juga: Jokowi Yakinkan Para Pebalap, Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP 2022

Sebagian marshal yang bertugas di Sirkuit Pertamina Mandalika mendapat pelatihan dari petugas Damkar Kabupaten Lombok Tengah, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), dan juga instruktur dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), Rabu (16/3/2022).

Sepeda motor pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Darryn Binder melayang di udara saat kecelakaan 
tes pramusim MotoGP 2022 hari kedua di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Sepeda motor pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Darryn Binder melayang di udara saat kecelakaan tes pramusim MotoGP 2022 hari kedua di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Sebanyak 42 orang marshal yang bertugas khusus untuk memadamkan api tersebar di lintasan bersama dengan 10 petugas yang berjaga di area paddock.

Para marshal ini adalah bagian dari tim 5 orang yang bertugas di satu pos jaga marshal di lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Baca juga: Selesai Parade, Bastianini Penasaran Aspal Baru Sirkuit Mandalika

Pelatihan berputar di dasar-dasar pengenalan jenis api berdasarkan material yang terbakar, penggunaan alat pemadam api ringan (APAR), serta teknik memadamkan api.

Marshal Sirkuit Mandalika melakukan pelatihan simulasi memadamkan apiDok. MGPA Marshal Sirkuit Mandalika melakukan pelatihan simulasi memadamkan api

Pelatihannya dilakukan di sebuah lapangan luas di depan tenda marshal dengan bantuan medium ban yang dibakar berkali-kali.

Secara bergantian, para marshal yang sebagian sudah bertugas dari perhelatan World Superbike (WorldSBK) 2021 mencoba untuk memadamkan api.

Sejumlah marshall membawa motor milik pembalap Tech 3 KTM Factory Racing Raul Fernandez seusai kecelakaan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Sejumlah marshall membawa motor milik pembalap Tech 3 KTM Factory Racing Raul Fernandez seusai kecelakaan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Selain petugas damkar, hadir juga Muhammad Taufik dari anggota Komisi Olahraga Motor IMI Pusat yang memberikan tips keselamatan. Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para marshal adalah memastikan asal sumber api.

“Jangan mesinnya yang terbakar tapi bannya yang disemprot,” ujar Taufik, dalam keterangan resminya.

Vinales alami rem depan blong di MotoGP StyriaKompas.com/Donny Vinales alami rem depan blong di MotoGP Styria

Taufik mengingatkan agar para marshal menjaga jarak aman 3 meter dari api yang berkobar dan memperhatikan arah angin. Selain itu, penting juga bagi para marshal untuk memantau kondisi setelah api mati.

“Begitu sudah mati, penting untuk tidak langsung meninggalkan motor karena selalu ada kemungkinan api menyala lagi,” kata Taufik.

“Kalau crash berjarak jauh dari lokasi kalian, APAR jangan ditenteng dengan tangan tetapi harus dibopong di bahu,” kata instruktur dari pihak Damkar, Ram Amzar Sabad.

Setiap pos jaga marshal dilengkapi oleh dua APAR berukuran sedang, satu tabung berisi dry chemical powder dan satu lagi busa (foam).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com