Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Mobil Bekas Terus Tumbuh di Tengah Pandemi

Kompas.com - 16/03/2022, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil bekas di Tanah Air menunjukkan pergerakan ke arah yang positif kendati masih dipengaruhi oleh pandemi Covid-19.

Hasil survei OLX Autos, platform layanan berbasis teknologi dalam transaksi jual beli mobil bekas pada penghujung 2021 menunjukkan bahwa minat masyarakat membeli mobil masih cukup tinggi.

Baca juga: Ada Parade Pebalap MotoGP, Pengendara Diimbau Hindari Jalan MH Thamrin

Johnny Widodo, CEO OLX Autos Indonesia mengatakanbahwa pasar mobil bekas pada tahun ini bakal bertumbuh. Berdasarkan riset internal, pasar mobil bekas dalam negeri diprediksi tumbuh 2-3 persen.

Daihatsu Ceria warna biru lansiran 2004 yang dijual di salah satu bursa mobil bekas daring.Istimewa Daihatsu Ceria warna biru lansiran 2004 yang dijual di salah satu bursa mobil bekas daring.

"Adapun, jenis mobil yang paling banyak dijadikan pilihan masyarakat diprediksi tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, yaitu Toyota Avanza, Toyota Innova, Honda Brio, Honda Jazz, dan Honda CRV," katanya dalam rilis resmi, Rabu (16/3/2022).

Pertumbuhan pasar mobl bekas katanya, terindikasi sebab sebagian besar pelanggan membeli mobil bekas adalah untuk upgrade ke mobil yang lebih baru.

Baca juga: Kenapa Banyak Sopir Bus yang Ugal-ugalan di Jalan?

Johnny mengatakan, lebih dari 70 persen konsumen menggunakan platform online sebagai sumber informasi utama untuk memeriksa harga mobil.

Adapun 71 persen pembeli menyatakan sudah menetapkan anggaran dan terbuka untuk berbagai merek yang cocok dan sesuai dengan budget.

Johnny Widodo, CEO OLX Autos Indonesia bersama Bintang Emon.Foto: OLX Johnny Widodo, CEO OLX Autos Indonesia bersama Bintang Emon.

Alasan lain pasar mobil bekas tetap terjaga kata Jhonny, karena di masa pandemi Covid-19 preferensi penggunaan kendaraan pribadi menjadi lebih tinggi.

Baca juga: Promo Royal Enfield JAW 2022, Diskon Rp 3 Juta

Berdasarkan data OLX Autos pada kuartal 4 2021, sekitar 39 persen responden menjadikan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi utama, dibandingkan sebelum pandemi sebesar 33 persen.

Hal ini kata Jhonny membuat pihaknya semakin berupaya untuk menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

"Kami ingin memberikan kepastian dan jaminan kepada pelanggan bahwa di OLX Autos, pasti tersedia banyak pilihan mobil yang sesuai budget dan berkualitas karena sudah melalui inspeksi menyeluruh," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com