Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Merah Dovi Jelang MotoGP Mandalika, Motornya Pelan

Kompas.com - 13/03/2022, 10:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Seri perdana MotoGP Qatar 2022 jadi pukulan telak buat Andrea Dovizioso. Mantan pebalap Ducati itu finis diposisi ke-14 dan tertinggal 27 detik dari Enea Bastianini.

Adaptasi motor dari Ducati ke Yamaha ternyata jauh lebih berat. Selain soal gaya balap, ada beberapa hal teknis yang jadi catatan seperti tekanan ban depan serta tenaga motor yang dinilai pas-pasan.

Menyambut seri kedua MotoGP Mandalika, Dovi yang kini tak lagi pakai julukan Desmodovi mengatakan, sudah bukan waktunya membahas detail yang terjadi di Qatar.

Baca juga: Honda Goda Pengunjung JAW dengan Promo Khusus

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Andrea Dovizioso berjalan saat sesi tes pramusim MotoGP 2022  di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.ANDIKA WAHYU Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Andrea Dovizioso berjalan saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.

"Kami harus melakukannya, peningkatan adalah kewajiban, 27 detik benar-benar waktu yang lama. Tidak baik, kita jauh," katanya mengutip Tuttomotoriweb.it, Minggu (13/3/2022).

"Saya tidak ingin mengatakan terlalu banyak hal, karena Anda harus menjelaskan mengapa situasi tertentu terjadi, selalu ada alasan mengapa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik," katanya.

"Tetapi sekarang bukan waktunya untuk membahas terlalu banyak detail,” ungkap Dovi.

Dovi tidak mau banyak bicara agar tidak menimbulkan keributan dan menghindari tekanan di paddock.

Satu yang bisa dilakukannya ialah memusatkan perhatian pada bidang teknis yang di mana dia dibolehkan ikut campur, dan terpenting yaitu mengoptimalkan gaya balapnya.

Baca juga: Toyota Pamer Jajaran Mobil Andalan di JAW 2022

PT PLN (Persero) tengah mempersiapkan strategi pengamanan pasokan kelistrikan di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat  untuk memastikan kelancaran acara MotoGP yang akan digelar pada 18-20 Maret mendatang.PLN. PT PLN (Persero) tengah mempersiapkan strategi pengamanan pasokan kelistrikan di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat untuk memastikan kelancaran acara MotoGP yang akan digelar pada 18-20 Maret mendatang.

“Kami benar-benar harus membuat kemajuan karena kami sangat jauh, kami juga perlu meningkatkan dalam hal keausan ban," ungkap pebalap Yamaha RNF tersebut.

"Di Indonesia kita akan memiliki kompon yang berbeda, di mana setiap orang akan memulai hampir dari awal,” katanya.

Di sisi lain, hal positifnya ialah semua pebalap masih meraba-raba di Mandalika. Tapi menurut Dovi hal itu bukan alasan.

"Saya tidak suka fakta bahwa saya tidak kompetitif seperti yang saya inginkan dan bahwa saya tidak tidak punya kendali terhadap situasi," kata Dovi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com