Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Toyota Innova Diesel Minum Pertamax, Apa Dampaknya?

Kompas.com - 13/03/2022, 07:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tayangan yang memperlihatkan seorang pria sedang mengisi bahan bakar di salah satu SPBU viral di media sosial. Salah satu akun Instagram yang mengunggah peristiwa itu adalah @romansasopirtruck.

Video tersebut ramai diperbincangkan lantaran sang pemilik kendaraan diduga melakukan kesalahan dalam mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Dalam rekaman itu, terlihat jelas bahwa mobil yang digunakannya merupakan Toyota Innova 2.4 V. Emblem pada mobil itu menunjukan bahwa mobil tersebut merupakan varian diesel.

Baca juga: Kemenhub Siap Sambut Regulasi Euro 4 Kendaraan Diesel

Namun, pria yang mengenakan peci putih itu malah mengisi bahan bakar jenis bensin (Pertamax).

Kesalahan ini tentunya akan memberikan dampak yang cukup fatal pada komponen mesin.

Bahkan hal ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada beberapa komponen vital, seperti fuel injection pump atau pompa injeksi bahan bakar dan juga nozzle.

Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha mengatakan, mesin diesel tentunya memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin, maka tidak boleh salah sampai menggunakan bahan bakar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

“Mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin dimana untuk proses pembakarannya digunakan busi (spark plug). Sedangkan mesin diesel, cara kerjanya adalah dengan melakukan kompresi terhadap udara, selanjutnya udara bertekanan tinggi dan suhu tinggi dipicu pembakaran dengan solar,” ujar Sapta belum lama ini kepada Kompas.com.

Sapta melanjutkan, apabila salah mengisi bahan bakar maka mesin tidak bisa bekerja (mogok) dan harus dikuras tangkinya, termasuk saluran-salurannya.

Baca juga: Toyota Resmi Kenalkan Skuad Gazoo Racing Indonesia

Selain itu komponen penting seperti injection pump dan nozzle juga pasti alami kerusakan, bahkan harus dilakukan penggantian yang baru jika memang sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Sebab, kedua komponen tersebut berputar dan bergerak dengan mengandalkan pelumas yang terkandung dalam solar.

“Kalo sudah mogok, berarti mobil harus diderek ke bengkel untuk dibersihkan saluran bahan bakar termasuk kuras tangki,” katanya.

Untuk menghindari hal ini, pemilik kendaraan harus lebih teliti ketika hendak mengisi bahan bakar. Biasanya, pada bagian tutup bahan bakar terdapat tulisan jenis bahan bakar apa yang harus digunakan, sehingga bisa mencegah kesalahan seperti ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com